Tutup Iklan

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

 Ilustrasi work from coffee shop. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi work from coffee shop. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Terkesan seperti gaya hidup kaum modern, namun saat ini seiring penurunan kasus Covid-19, work from coffee shop kian diminati.  Meski belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19, nyatanya masih banyak pekerjaan kantor dilakukan di rumah atau di luar kantor.

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik. Sambil bekerja, para pekerja ini juga bisa menikmati suasana kafe yang nyaman sambil menikmati kopi. Kopi dipercaya meningkatkan kreativitas.

Selain itu,  work from  coffee shop dipercaya membuat pikiran lebih santai jika tempat yang didatangi cenderung bersih dan nyaman. Tak sedikit orang yang kini banyak untuk melakukan pekerjaan, baik karyawan atau anak sekolah, di sebuah kafe.

Baca Juga: Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Dengan menyeruput kopi saat work from coffee shop, kreativitas disebut langsung datang untuk mengerjakan pekerjaan. Namun benarkah kopi membuat otak lebih kreatif? Sebuah studi dalam jurnal Consciousness and Cognition edisi Maret, disebutkan bahwa kopi tak memberikan dampak khusus terhadap kreativitas dalam otak.

Asisten profesor psikologi di University of Arkansas, Darya Zabelina, dan tim mempelajari efek kafein pada 80 orang sukarelawan. Mereka memberi para sukarelawan ini pil kafein 200 miligram (mg)-setara dengan satu cangkir kopi kental-atau plasebo. Hasil studi menunjukkan, kafein meningkatkan pemikiran konvergen atau berhubungan dengan pemecahan masalah tetapi tidak berdampak nyata pada pemikiran divergen yakni berhubungan dengan kreativitas.

Baca Juga:  Membeli 3 Tas Mewah Lewat Jastip, Irma Darmawangsa Kecewa

Para peneliti juga menemukan, kafein tidak secara signifikan memengaruhi memori kerja, tetapi tampaknya memengaruhi suasana hati-mereka yang meminumnya melaporkan lebih sedikit merasa sedih. “Sebanyak 200 mg kafein meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif,” kata Zabelina.

Melansir dari BBC dan Bisnis.com, Senin (25/10/2021), kreativitas yang datang saat bekerja di kedai kopi ternyata bukan berasal dari minuman yang kita konsumsi. Kopi tak secara utuh memberikan pengaruh pada otak kita untuk lebih kreatif. Namun rangsangan seperti kombinasi kebisingan, kerumunan biasa, dan variasi visual, memberi kita jumlah gangguan yang tepat dan membantu kita menjadi yang paling tajam dan paling kreatif.

Baca Juga: Warga Korsel Hanya Boleh Beli Satu Tas Chanel Setahun, Ini Alasannya

Walaupun beberapa dari kita menggunakan earphone ketika duduk dan bekerja di tempat umum tetapi kebisingan sekitar dapat bermanfaat bagi pemikiran kreatif kita. Studi dalam Journal of Consumer Research menunjukkan, tingkat kebisingan di lingkungan yang rendah hingga sedang di tempat seperti kafe dapat meningkatkan kreativitas. Selain itu, pengaruh kepercayaan bekerja di kafe bisa membuat kreatif karena sudah tertanam sebelumnya.

Hal itu kemudian didukung oleh tindakan serupa yang dilakukan orang lain di kafe itu. “Salah satu hal terbesar tentang kedai kopi adalah efek fasilitasi sosial: Anda pergi ke sana, Anda melihat orang lain bekerja dan itu membuat Anda dalam suasana hati di mana Anda secara alami mulai bekerja juga. Mengamati mereka dapat memotivasi Anda untuk bekerja lebih keras,” ucap asisten profesor Carnegie Mellon University’s Tepper School of Business, Sunkee Lee,  di laman BBC.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Doa Agar Dijauhkan Dari Penyakit Ain yang Muncul dari Pandangan Mata

Berikut doa yang dapat dipanjatkan agar dijauhkan dari penyakit ain.

Bernapas Melalui Mulut dapat Memengaruhi Bentuk Wajah Manusia?

Selain udara jadi tidak tersaring dengan bulu-bulu hidung, bernapas melalui mulut ternyata juga dapat menyebabkan perubahan pada bentuk wajah.

5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.