Tutup Iklan

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

 Ilustrasi work from coffee shop. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi work from coffee shop. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Terkesan seperti gaya hidup kaum modern, namun saat ini seiring penurunan kasus Covid-19, work from coffee shop kian diminati.  Meski belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19, nyatanya masih banyak pekerjaan kantor dilakukan di rumah atau di luar kantor.

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik. Sambil bekerja, para pekerja ini juga bisa menikmati suasana kafe yang nyaman sambil menikmati kopi. Kopi dipercaya meningkatkan kreativitas.

Selain itu,  work from  coffee shop dipercaya membuat pikiran lebih santai jika tempat yang didatangi cenderung bersih dan nyaman. Tak sedikit orang yang kini banyak untuk melakukan pekerjaan, baik karyawan atau anak sekolah, di sebuah kafe.

Baca Juga: Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Dengan menyeruput kopi saat work from coffee shop, kreativitas disebut langsung datang untuk mengerjakan pekerjaan. Namun benarkah kopi membuat otak lebih kreatif? Sebuah studi dalam jurnal Consciousness and Cognition edisi Maret, disebutkan bahwa kopi tak memberikan dampak khusus terhadap kreativitas dalam otak.

Asisten profesor psikologi di University of Arkansas, Darya Zabelina, dan tim mempelajari efek kafein pada 80 orang sukarelawan. Mereka memberi para sukarelawan ini pil kafein 200 miligram (mg)-setara dengan satu cangkir kopi kental-atau plasebo. Hasil studi menunjukkan, kafein meningkatkan pemikiran konvergen atau berhubungan dengan pemecahan masalah tetapi tidak berdampak nyata pada pemikiran divergen yakni berhubungan dengan kreativitas.

Baca Juga:  Membeli 3 Tas Mewah Lewat Jastip, Irma Darmawangsa Kecewa

Para peneliti juga menemukan, kafein tidak secara signifikan memengaruhi memori kerja, tetapi tampaknya memengaruhi suasana hati-mereka yang meminumnya melaporkan lebih sedikit merasa sedih. “Sebanyak 200 mg kafein meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif,” kata Zabelina.

Melansir dari BBC dan Bisnis.com, Senin (25/10/2021), kreativitas yang datang saat bekerja di kedai kopi ternyata bukan berasal dari minuman yang kita konsumsi. Kopi tak secara utuh memberikan pengaruh pada otak kita untuk lebih kreatif. Namun rangsangan seperti kombinasi kebisingan, kerumunan biasa, dan variasi visual, memberi kita jumlah gangguan yang tepat dan membantu kita menjadi yang paling tajam dan paling kreatif.

Baca Juga: Warga Korsel Hanya Boleh Beli Satu Tas Chanel Setahun, Ini Alasannya

Walaupun beberapa dari kita menggunakan earphone ketika duduk dan bekerja di tempat umum tetapi kebisingan sekitar dapat bermanfaat bagi pemikiran kreatif kita. Studi dalam Journal of Consumer Research menunjukkan, tingkat kebisingan di lingkungan yang rendah hingga sedang di tempat seperti kafe dapat meningkatkan kreativitas. Selain itu, pengaruh kepercayaan bekerja di kafe bisa membuat kreatif karena sudah tertanam sebelumnya.

Hal itu kemudian didukung oleh tindakan serupa yang dilakukan orang lain di kafe itu. “Salah satu hal terbesar tentang kedai kopi adalah efek fasilitasi sosial: Anda pergi ke sana, Anda melihat orang lain bekerja dan itu membuat Anda dalam suasana hati di mana Anda secara alami mulai bekerja juga. Mengamati mereka dapat memotivasi Anda untuk bekerja lebih keras,” ucap asisten profesor Carnegie Mellon University’s Tepper School of Business, Sunkee Lee,  di laman BBC.

 


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Doa Ketika Terjadi Gunung Meletus, Agar Terhindar dari Bahaya

Berikut ini terdapat bacaan doa yang bisa dilafalkan ketika ada bencana alam gunung meletus menurut ajaran Islam, agar terhindar dari bahaya.

Perempuan Cerdas Cenderung Sulit Jatuh Cinta, Ini Penyebabnya

Nah bagi Anda kaum pria yang sedang berusaha menaklukkan hati si dia, tak ada salahnya mengetahui terlebih dulu apa penyebab perempuan cerdas cenderung sulit jatuh cinta.

Vaksin Dosis Ketiga Covid-19 Ada yang Berbayar, Berapa Harganya?

Rencananya, penerapan vaksin dosis ketiga Covid-19 berbayar ini mulai Januari 2022.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Tagar Randy Bagus Hari Sasongko Trending di Twitter

Diketahui, Bripka Randy Bagus ini berdinas di Polres Pasuruan dan telah ditetapkan tersangka.

Waspadai Dampak Debu Vulkanik Seperti Dikeluarkan Gunung Semeru

Akademisi dan Praktisi Klinis, Ari Fahrial Syam mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari debu vulkanik seperti dikeluarkan Gunung Semeru.

Lakukan Ini Saat Tersesat di Gunung Seperti Dialami WNA Ukraina

Ada sejumlah hal bisa Anda lakukan saat mengalami tersesat di gunung.

Melihat Keindahan 5 Danau di Gunung Semeru yang Saat Ini Erupsi

Bukan hanya puncaknya yang bernama Mahameru yang menarik perhatian, melainkan sejumlah danau atau ranu di Gunung Semeru juga menyimpan pesona tersendiri.

Kematian Novia Widyasari Jadi Sorotan, Kata Diperkosa Trending Twitter

Kata diperkosa terkait kasus kematian Novia Widyasari trending di Twitter, begitu pula dengan tagar noviawidyasari yang telah menuai 4.805 tweet.

Lakukan Ini Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi Seperti Gunung Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar gunung berapi biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi letusan, namun lain halnya dengan wisatawan.

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.