Wonogiri Terima DBHCHT 2022 Senilai Rp16,4 Miliar

Alokasi anggaran DBHCHT 2022 ini dibagi tiga, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat sebesar 50%, bidang kesehatan sebesar 40%, dan penegakan hukum sebesar 10%,

 Ketua Kelompok Tani Tembakau Desa Kedungmaron, Saji, menunjukkan tanaman tembakau yang siap panen di lahannya, Jumat (15/10/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Ketua Kelompok Tani Tembakau Desa Kedungmaron, Saji, menunjukkan tanaman tembakau yang siap panen di lahannya, Jumat (15/10/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, WONOGIRI — Kabupaten Wonogiri menerima dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) senilai Rp16,4 miliar pada 2022 ini. Nilai itu naik dibandingkan penerimaan DBHCHT pada 2021 senilai Rp11,5 miliar.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Wonogiri, Aris Widodo, melalui Sub Koordinator Perekonomian Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Wonogiri, Yuliani, mengatakan penggunaan DBHCHT 2022 mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi DBHCHT. 

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Menurut peraturan alokasi anggaran DBHCHT 2022 ini dibagi tiga, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat sebesar 50%, bidang kesehatan sebesar 40%, dan penegakan hukum sebesar 10%,” kata Yuli saat ditemui Solopos.com di Kantor Bagian Perekonomian Wonogiri di Kompleks Sekretariat Daerah Wonogiri, Senin (19/9/2022). 

Penggunaan anggaran DBHCHT 2022 berbeda dengan DBHCHT 2021. Pada 2021 alokasi anggaran DBHCHT untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat senilai 50%, dengan perincian 35% untuk bantuan langsung tunai, dan 35% untuk peningkatan bahan baku tembakau.

Bidang kesehatan dialokasikan sebesar 25%. Sedangkan penegakan hukum sebesar 25%. Hal itu sesuai dengan PMK No. 206/PMK.07/2020. 

“Tapi pada 2021, penyerapan anggaran DBHCHT di Wonogiri tidak sesuai dengan penggunaannya. Sehingga tahun lalu mendapat  punishment berupa pemotongan anggaran senilai sekitar Rp800 juta atau 15% dari pagu awal,” ujar dia.

Penyerapan anggaran yang tidak sesuai itu lantaran terbentur dengan kondisi pandemi Covid-19. Sehingga sejumlah kegiatan tidak bisa direalisasikan terutama penegakan hukum.

Salah satu kegiatan penegakan hukum adalah sosialisasi. Sementara saat itu kegiatan yang melibatkan banyak orang sangat dibatasi. 

“Karena kasus Covid-19 sedang tinggi, jadi banyak kegiatan yang tidak bisa dijalankan. Di sisi lain, alokasi anggaran untuk penegakan hukum cukup besar, yaitu sebesar 25% dari pagu. Padahal penegakan hukum harus tatap muka. Maka dari itu tidak bisa serap. Oleh karena itu, alokasi anggaran DBHCHT 2021 banyak dialihkan untuk kesehatan,” jelas Yuli. 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan Pagi-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Los Dol hingga Medot Janji, Denny Caknan Hibur 3.000 Penonton di Sekaten Solo

      Penyanyi asal Ngawi, Denny Caknan, sukses menghibur ribuan penonton lewat lagu-lagu andalannya di panggung hiburan Sekaten di Alkid Keraton Solo, Selasa (4/10/2022) malam.

      4 Oknum TNI-Polri Tertangkap Curi Kabel Telkom di Solo, Warganet: Ngisin-isini!

      Warganet dibuat geram dengan ulah empat anggota TNI-Polri yang terlibat komplotan tukang curi kabel Telkom di Solo.

      Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo, Pimpinan-Dosen UMS Dilarang Keluar Kota

      Rektor UMS Sofyan Anif melarang civitas akademika UMS khususnya pimpinan dan dosen untuk keluar kota menjelang pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.