Wonogiri Terapkan Pelat Nomor Putih, Kasatlantas: Jangan Ganti secara Mandiri!

Pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dengan warna dasar putih dan tulisan warna hitam sudah mulai diterapkan di Kabupaten Wonogiri sejak, Agustus 2022.

 Petugas tengah mencetak pelat nomor kendaraan warna putih di Samsat Wonogiri, Rabu (21/9/2022). Pelat nomor warna putih di Wonogiri sudah diterapkan sejak Agustus 2022. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

SOLOPOS.COM - Petugas tengah mencetak pelat nomor kendaraan warna putih di Samsat Wonogiri, Rabu (21/9/2022). Pelat nomor warna putih di Wonogiri sudah diterapkan sejak Agustus 2022. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRIPelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dengan warna dasar putih dan tulisan warna hitam sudah mulai diterapkan di Kabupaten Wonogiri sejak, Agustus 2022. Penggantian pelat nomor warna hitam ke putih itu dilakukan secara bertahap. 

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Wonogiri, AKP Maryono, mengatakan penggantian pelat nomor warna hitam menjadi putih dapat dilakukan ketika masa berlaku lima tahunan surat tanda nomor kendaraan (STNK) habis. Masyarakat tidak perlu mengganti pelat nomor hitam menjadi putih jika masa berlaku STNK belum habis. 

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Jika saat ini pelat nomor kendaraan anda masih berwarna hitam, sementara masa berlaku STNK anda sampai 2023 mendatang maka penggantian pelat nomor akan diganti pada 2023 itu. Penggantian pelat nomor dilakukan ketika perpanjangan masa berlaku STNK,” kata AKP Maryono saat dihubungi Solopos.com via telepon WhatasApp (WA), Rabu (21/9/2022).

AKP Maryono mengatakan masyarakat tidak perlu mengganti warna pelat nomor secara mandiri. Hal itu justru tidak dibenarkan.

Pelat nomor warna hitam tetap berlaku dan tidak menyalahi peraturan selama pemilik kendaraan tidak mengubah atau memodifikasi pelat nomor tersebut yang dapat menghalangi tulisan pada pelat nomor. 

Baca Juga: Aksi Polisi Cilik Wonogiri Pukau Warga di Pusat Kota

Tujuan dari penggantian pelat nomor warna hitam menjadi putih agar memudahkan polisi dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas dan mendeteksi kejahatan.

Menurutnya, pelat nomor berwarna hitam agak sulit terbaca Electronic Traffic Law Enforcement [ETLE] pada malam hari. Sedangkan pelat nomor berwarna putih dapat dengan mudah terbaca ETLE, baik siang maupun malam hari.

“Jangan sekali-kali warga mengganti warna pelat nomor sendiri. Kami tidak menganjurkan itu. Tidak ada tindakan penilangan terhadap pengendara yang menggunakan kendaraan berpelat nomor warna hitam. Dengan catatan pelat nomor itu sesuai standar,” ujar AKP Maryono.

Dia mengatakan material pelat nomor warna putih di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Wonogiri sudah tersedia. Setiap pekan, Samsat Wonogiri terus re-stocking material pelat nomor warna putih. 

Baca Juga: Rantai Pengikat Lepas, Buldoser Terjatuh saat Diangkut Truk di Wonogiri

“Saya juga berpesan kepada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara. Lengkapi surat-surat kendaraan dan terus menjaga keselamatan di jalan raya,” imbuh AKP Maryono

Pantauan Solopos.com di ruang percetakan pelat nomor putih di Samsat Wonogiri, Rabu siang, terdapat dua petugas yang sedang mencetak pelat nomor warna putih. Persediaan material pelat nomor putih pun tampak masih banyak.

Sebagai informasi, Kebijakan perubahan warna dasar TNKB tersebut tercantum dalam Pasal 45 Peraturan Polisi No. 7/2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. 

Pelat nomor putih dengan tulisan warna hitam ini diperuntukkan bagi kendaraan bermotor perseorangan, badan hukum, dan Badan Internasional. Material yang digunakan TNKB tersebut diadakan oleh Korlantas Polri pada tahun anggaran 2022.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan Pagi-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Los Dol hingga Medot Janji, Denny Caknan Hibur 3.000 Penonton di Sekaten Solo

      Penyanyi asal Ngawi, Denny Caknan, sukses menghibur ribuan penonton lewat lagu-lagu andalannya di panggung hiburan Sekaten di Alkid Keraton Solo, Selasa (4/10/2022) malam.

      4 Oknum TNI-Polri Tertangkap Curi Kabel Telkom di Solo, Warganet: Ngisin-isini!

      Warganet dibuat geram dengan ulah empat anggota TNI-Polri yang terlibat komplotan tukang curi kabel Telkom di Solo.

      Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo, Pimpinan-Dosen UMS Dilarang Keluar Kota

      Rektor UMS Sofyan Anif melarang civitas akademika UMS khususnya pimpinan dan dosen untuk keluar kota menjelang pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

      Secuil Cerita dari Mereka yang Memilih Seni Tradisi di Wonogiri

      Agus Subakir, 40, mendirikan Komunitas Janggleng di Desa Bulusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri pada 2009.

      Badan Wakaf Sukoharjo: Yuk, Berwakaf Juga Bisa dengan Uang Tunai

      Badan Wakaf Kabupaten Sukoharjo diminta mulai menyosialisasikan gerakan wakaf tunai.

      Walah, 50 Persen ASN Pemkot Solo Ternyata Belum Punya Rumah

      Sebanyak 50% dari total jumlah ASN di Pemkot Solo diketahui belum memiliki rumah sendiri. Pemkot bersama PT Taspen akan membangunkan rumah untuk mereka.

      Berantas Narkoba di Klaten, 5 Pengendar dan 1 Pemakai Dibekuk Polisi

      Satnarkoba Polres Klaten mengungkap empat kasus dengan enam tersangka selama September 2022.