SOLOPOS.COM - Pelepasan 32 anggota Pramuka Kwartir Cabang Wonogiri untuk mengikuti Raimuna Nasional XII di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Foto diambil Jumat (11/8/2023) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. (wonogirikab.go/id)

Solopos.com, WONOGIRIPramuka Kwartir Cabang Wonogiri mengirim 32 anggota ke Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, untuk mengikuti Kegiatan Raimuna Nasional XII 2023.

Keberangkatan kontingen yang terdiri atas 16 anggota Pramuka Penegak Regu Putri dan 16 anggota Pramuka Penegak Regu Putra itu dilepas oleh Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Diinformasikan dalam laman resmi Pemkab Wonogiri, wonogirikab.go.id, kegiatan pelepasan diselenggarakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (11/8/2023). Selain 32 anggota Pramuka, diberangkatkan pula para kakak pembina dari Kwartir Cabang Wonogiri.

Raimuna Nasional XlI 2023 yang diikuti 32 anggota Pramuka dari Kwartir Cabang Wonogiri itu berlangsung mulai Senin-Senin (14-21/8/202). Seluruh peserta akan mengikuti kegiatan yang terbagi dalam lima pilar kegiatan.

Kelima pilar itu yakni persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, serta pengabdian masyarakat.

Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, dalam acara pelepasan itu, mengatakan seluruh kegiatan dalam kepramukaan ditujukan sebagai upaya membentuk sikap dan perilaku serta meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penegak.

“Semuanya ini untuk membentuk komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” katanya.

Setyo berpesan kepada 32 anggota Pramuka Penegak Wonogiri yang berangkat ke Raimuna Nasional di Cibubur untuk belajar dan bekerja keras memperkaya kemampuan diri. Hal itu sesuai tema besar Hari Pramuka 2023, yaitu Sumber Daya Manusia Profesional dan Proporsional.

“Semakin banyak kegiatan yang diikuti akan menjadikan adik-adik Pramuka menjadi Sumber Daya Manusia yang semakin profesional dan proporsional dalam mempersiapkan diri menuju masa depan yang gemilang,” tutur Setyo.

Setyo berharap segenap Kontingen Pramuka Kabupaten Wonogiri dapat menjadikan kesempatan ini sebagai sarana untuk mendapatkan pengalaman berharga, menjaga kesehatan, dan menjaga nama baik Kabupaten Wonogiri.

“Selanjutnya Kakak berpesan kepada adik-adik peserta agar selalu menjaga kesehatan, terlebih dalam cuaca ekstrem saat ini, dengan meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga pola makan dan istirahat, agar dapat mengikuti seluruh kegiatan,” pungkasnya.

Tak lupa, Setyo mengingatkan agar anggota Kontingen Pramuka Wonogiri yang berangkat ke Raimuna Nasional dapat menjaga nama baik Kabupaten Wonogiri dengan berlaku santun, menjalin pertemanan, menjaga kekompakan, kerukunan, dan kerja sama dengan peserta dari daerah lain.

Sementara itu mengutip laman rainas12.pramuka.or.id, Raimuna merupakan pertemuan pramuka penegak dan pramuka pandega dalam bentuk perkemahan besar. Tujuannya untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan antara pramuka penegak dan pandega.

Raimuna diselenggarakan dalam bentuk perkemahan besar dengan kegiatan yang bersifat kreatif, rekreatif, produktif, dan edukatif. Sejak kali pertama diselenggarakan pada 1969, Raimuna digelar secara rutin setiap 4-5 tahun sekali. Terakhir atau Raimuna XI diselenggarakan pada 13-21 Agustus 2017 lalu di Cibubur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya