SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan dengan intensitas lebat atau ekstrem. (Freepik.com)

Solopos.com, WONOGIRI  — Warga Wonogiri yang beraktivitas di luar ruangan hingga sore hari ini, Senin (30/1/2023), sebaiknya bersiap dengan payung atau jas hujan karena prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebut akan turun hujan lebat.

Dari pantauan Solopos.com di laman resmi BMKG, hujan diprediksi akan turun mulai pukul 13.00 WIB hingga malam hari. Suhu udara relatif dingin dengan posisi terendah 23 derajat Celcius pada pagi menjelang Subuh dan suhu tertinggi 31 derajat Celcius pada siang hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pergerakan angin terpantau dari barat dan barat laut dengan kecepatan 10-20 km/jam. Sedangkan kelembapan udara sangat tinggi terutama pada dini hari hingga pagi. Prakiraan cuaca harian BMKG dilaporkan perubahannya setiap tiga jam.

Dimulai pukul 01.00 WIB, prakiraan cuaca Wonogiri berawan dengan suhu udara 24 derajat Celcius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 100% sedangkan angin terpantau dari barat dengan kecepatan 10 km/km.

Cuaca masih berawan pada pukul 04.00 WIB sedangkan suhu udara berkurang jadi 23 derajat Celcius dan tingkat kelembapan udara tetap 100%. Angin juga masih dari arah barat dengan kecepatan 10 km/jam.

Prakiraan cuaca berlanjut dengan berawan pada pukul 07.00 WIB. Suhu udara naik jadi 25 derajat Celcius dan kelembapan udara turun ke angka 85%. Sementara angin terpantau dari barat laut dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada prakiraan cuaca pukul 10.00 WIB, langit Wonogiri masih berawan namun suhu udara naik jadi 29 derajat Celcius. Tingkat kelembapan udara berkurang jadi 75% sedangkan angin bertiup dari barat dengan kecepatan naik jadi 20 km/jam.

Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan turun pada pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik menjadi 31 derajat Celcius dan kelembapan udara turun ke angka 70%. Angin terpantau dari arah barat dengan kecepatan 20 km/jam.

Hujan berlanjut dengan intensitas bertambah menjadi lebat pada prakiraan pukul 16.00 WIB. Suhu udara turun jadi 29 derajat Celcius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 75% sedangkan angin masih dari barat dengan kecepatan 20 km/jam.

Berlanjut pada prakiraan cuaca pukul 19.00 WIB, hujan masih mengguyur dengan intensitas sedang. Suhu udara turun tetap 29 derajat Celcius dan tingkat kelembapan juga tetap 75%. Angin terpantau dari barat daya dengan kecepatan 10 km/jam.

Hujan masih turun pada pukul 22.00 WIB namun intensitasnya berkurang jadi ringan. Suhu udara 26 derajat Celcius sedangkan tingkat kelembapan udara 85% dan pergerakan angin terpantau dari barat dengan kecepatan 10 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya