Tutup Iklan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan membangun mal pelayanan publik (MPP) atau one stop service (OSS) pada 2021 mendatang.

Sebanyak 20 organisasi perangkat daerah (OPD) pelayanan publik kelak berkantor dalam satu kawasan.

Informasi yang dihimpun solopos.com, Sabtu (2/11/2019), awalnya Pemkab memilih kawasan di Gedung Giri Cahaya di Jl. Jenderal Sudirman atau depan Makodim 0728/Wonogiri untuk dijadikan MPP. Namun, pembangunan di lokasi itu butuh biaya sangat besar.

Lalu Pemkab mencari alternatif lain, yakni lahan aset Pemkab di Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, dekat Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) seluas lebih kurang 14 hektare (ha). Saat ini lahan tersebut masih berwujud lapangan dan lahan kosong.

Selain Disdikbud, di kawasan itu sudah ada beberapa kantor pelayanan lainnya, seperti Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispera KPP), UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat ditemui solopos.com, belum lama ini, menyampaikan berdasar konsep awal anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana pembangunan MPP dua atau tiga lantai mencapai Rp160 miliar-Rp180 miliar.

“Pembangunannya nanti bertahap dan pengerjaannya multiyears [proyek tahun jamak]. Tahun depan DED [detail engineering design] dibuat. Realisasinya kemungkinan mulai 2021,” kata Bupati.

Dia melanjutkan setidaknya ada 20 OPD pelayanan publik yang akan ditempatkan di MPP. OPD itu seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan sebagainya.

“Kantor OPD yang akan dipindah ke MPP ada di kawasan kota semua. Saya kira kalau kantor itu digunakan sebagai tempat usaha juga menjanjikan. Misalnya seperti Kantor Dispendukcapil. Letaknya dekat jalan raya dan lahannya juga luas. Sama halnya Kantor DPMPTSP,” imbuh Bupati Wonogiri.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten