Wonogiri akan Gelar Seleksi Perangkat Desa, Seperti Ini Aturan Mainnya

Sebanyak 485 jabatan perangkat desa yang kosong di 251 desa di Wonogiri akan dilakukan evaluasi, pencermatan, dan pemetaan.

 Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberi arahan kepada kepala desa terkait seleksi perangkat desa 2021 Ruang Khayangan, Setda Wonogiri, Senin (13/9/2021). 
(Istimewa-Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberi arahan kepada kepala desa terkait seleksi perangkat desa 2021 Ruang Khayangan, Setda Wonogiri, Senin (13/9/2021). (Istimewa-Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI –Sistem seleksi perangkat desa 2021 Kabupaten Wonogiri akan mengacu pada seleksi perangkat desa di kabupaten itu pada 2018. Seleksi pada tahun itu dinilai sukses dan mampu meredam kerusuhan dan kegaduhan dalam mengisi kekosongan perangkat desa.

“Ada beberapa regulasi yang kami sampaikan kepada para kepala desa sekaligus sosialisasi. Agar saat pelaksanaan pengisian seleksi perangkat desa nanti berada dalam satu pemahaman yang sama,” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, saat memberi arahan ke sejumlah kepala desa terkait persiapan pengisian kekosongan perangkat desa di Ruang Khayangan, Sekretariat Daerah Wonogiri, Senin (13/9/2021).

Bupati yang akrab disapa Jekek itu mengatakan sejumlah regulasi yang disampaikan yakni aspek wilayah kerja, beban kerja dan kemampuan anggaran pendapatan dan belanja desa (APB desa) sebagai nomenklatur yang digunakan untuk anggaran pembayaran penghasilan tetap (siltap).

Baca juga: Jos! 18.300 Warga Wonogiri Divaksin Covid-19 Dalam Sehari

Sebanyak 485 jabatan perangkat desa yang kosong di 251 desa akan dilakukan evaluasi, pencermatan dan pemetaan. Usulan dari kepala desa itu didorong untuk mempertimbangkan aspek wilayah kerja dan penggabungan teritorial.

“Usulan akan kami cermati terkait masalah beban kerja. Satu kepala dusun harus mengkoordinasi 300 kepala keluarga. Semua usulan harus disesuaikan dengan kemampuan dana desa sebagai sumber untuk pembayaran Siltap,” ungkap dia.

Perampingan perangkat desa, kata Jekek, sesuai dengan Permendagri No. 67/2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Struktur organisasi yang diatur dalam regulasi itu yakni minim struktur kaya fungsi.

Baca juga: Sekolah di Wonogiri Boleh Gelar PTM Akhir Bulan ini, Tapi… 

Ia mengaku belum mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) sebagai regulasi pelaksanaan kegiatan seleksi perangkat desa. Ia lebih memilih mensosialisasikan rencana kegiatan kepada para kades secara tatap muka. Tidak hanya sebatas mengeluarkan Perbup, subtansi dari kegiatan harus dipahami kades.

“Tadi kami diskusi dengan para kades. Mereka meminta agar seleksi perangkat desa tetap berkoordinasi dengan pemda seperti yang sudah dilaksanakan pada 2018. Sebenarnya ini wewenang desa. Karena pada saat itu tidak ada kegaduhan dan dianggap sukses,” ujar dia.

Memenuhi Akuntabilitas Publik

Pada seleksi perangkat desa 2018, lanjut Jekek, ada 718 formasi. Semangat Pemkab Wonogiri untuk membangun infrastruktur pemerintah yang kuat dan ideal harus dimulai dengan pola perurutan. Pola itu harus memenuhi akuntabilitas publik.

“Dalam seleksi itu ada proses uji kompetensi. Semua pihak bisa mengawasi. Alhamdulillah sukses tidak ada kejadian yang mencederai proses seleksi [korupsi, kolusi dan nepotisme],” papar dia.

Baca juga: Ortu Kudu Waspada! Begini Cara Pengedar Jual Obat Keras ke Pemuda Wonogiri

Menurut dia, proses seleksi perangkat desa semacam itu merupakan inisiatif dari pemkab. Seleksi dikoordinasi oleh Pemda. Semua pihak bisa turut terlibat dalam pengawasan, seperti Kapolsek, Camat dan unsur lainnya.

“Jadwal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, nanti Desember 2021 sudah terbit SK. Ya berarti satu bulan lagi, Oktober sudah bisa digelar seleksinya,” kata Jekek.


Berita Terkait

Berita Terkini

RS PKU Muhammadiyah Sragen Bangun Gedung Bertingkat Agar Naik Tipe

Direksi RS PKU Muhammadiyah Sragen berkomitmen menaikkan kelas RS dari tipe D menjadi tipe C. Salah satunya dengan membangun gedung bertingkat untuk meningkatkan pelayanan.

Tumbuh Bunga Bangkai, Rumah Ketua RT di Ceper Klaten Didatangi Warga

Warga setempat sering mengerubungi rumah milik Sakirman, 60, lantaran penasaran dengan bunga bangkai yang sering memunculkan bau tak sedap.

Kasus Turun, RS di Sragen Tetap Wajib Sediakan 10% Bed untuk Covid-19

Semua RS di Sragen masih harus menyediakan bed untuk pasien Covid-19 untuk mengantisipasi ledakan kasus Covid-19 gelombang ketiga di akhir tahun.

10 Jabatan Tinggi Pemkot Solo Dilelang, Pejabat Luar Daerah Boleh Ikut

Sepuluh jabatan eselon II Pemkot Solo dilelang dan bisa diikuti pejabat eselon III seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Hii, Ada Makam Misterius di Trotoar Jalan Solo Baru Sukoharjo

Makam misterius di trotoar jalan utama Solo Baru dekat bundaran Patung Bung Karno, Tanjung Anom, Sukoharjo, terlihat masih terawat.

Pemkab Sragen Anggarkan Operasional Pintu Palang KA Bedowo di 2022

Dishub Sragen memastikan akan memasang pintu palang semi-elektronik di perlintasan KA Bedowo pada 2022.

KSPI Karanganyar Tolak Bahas UMK 2022, Ini Alasannya

KSPI Karanganyar menilai PP No. 36/2021 tidak berpihak kepada pekerja.

SGS 2021 Tinggal 4 Hari Lagi, Buruan Tukar Poin Sebelum Ditutup!

Para pembeli pada ajang Solo Great Sale atau SGS diimbau segera menukar struk mereka dengan poin agar bisa mengikuti undian berhadiah rumah, mobil, dan lainnya.

Menko PMK Sebut Karanganyar Cocok untuk Pengembangan Pendidikan

Menko PMK, Muhadjir Effendy, menilai Karanganyar menjadi lokasi ideal di wilayah aglomerasi Soloraya untuk pengembangan pendidikan.

CFD Belum Dibuka, Alun-Alun Sukoharjo Ramai Pedagang pada Akhir Pekan

Kawasan Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo ramai pedagang saat akhir pekan padahal Pemkab belum mengizinkan CFD tiap Minggu pagi berlangsung.

BRI Panen Hadiah, 64.152 Nasabah Simpedes Berpeluang Raih Rp639 Juta

Sebagai wujud apresiasi, BRI Sragen menyediakan hadiah dengan nilai lebih dari setengah miliar rupiah bagi para nasabah Simpedes di Bumi Sukowati.

Jalur Pungkruk-Mungkung Sragen Ditinggikan 1 Meter

Pemkab Sragen menggandeng Polres Sragen melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan persimpangan Pungkruk karena jalan itu akan ditinggikan.

Peresmian Kantor Baru PAC PDIP Banjarsari Solo akan Dihadiri Megawati

Peresmian kantor baru PAC PDIP Banjarsari, Solo, pada Kamis (28/10/2021), rencananya dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Mahasiswa UNS Solo Beri Ultimatum: Bubarkan Menwa!

Ratusan mahasiswa UNS Solo memberi ultimatum kepada petinggi kampus untuk membubarkan Menwa karena dianggap tidak urgen dalam iklim akademik.

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Sragen 83 Persen dari Target

Herd immunity di Sragen baru bisa tercapai bila 775.774 orang yang berumur di atas 12 tahun sudah divaksin.