SOLOPOS.COM - Reaksi bek Belanda Van Lunteren (tengah) setelah dikalahkan Jepang. JIBI/Rtr/ Matt Kryger-USA TODAY

Womens World Cup 2015 atau Piala Dunia sepakbola wanita membawa Jepang untuk mempertahankan cita-cita mereka menjadi Juara.

Solopos.com, VANCOUVER — Jepang merebut tiket terakhir ke perempat final Piala Dunia Wanita 2015 setelah menyingkirkan Belanda dengan skor 2-1 di BC Place Stadium, Vancouver, Kanada, Rabu (24/6/2015) pagi WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jepang mempertahankan rekor sebagai satu-satunya tim yang selalu memenangi pertandingan di Piala Dunia Wanita tahun ini. Tim juara bertahan itu dengan mudah mendominasi laga kontra Belanda.

Jepang memimpin sejak awal pertandingan melalui gol cepat bek, Saori Ariyoshi sebelum gelandang Mizuho Sakaguchi, menggandakan keunggulan pada menit ke-78.

Sementara itu, Belanda hanya mampu mencuri satu gol balasan lewat sundulan dramatis gelandang Kirsten Van De Ven pada masa injury time.

“Saya ingin mengatakan bahwa kami mengakhiri setiap serangan dengan sebuah tembakan. Itu adalah kunci suksesnya. Saya mencoba menstabilkan salah satu sisi laga tapi kami selalu mengalami saat-saat penuh tensi seperti itu,” ujar pelatih Tim Nasional (Timnas) Wanita Jepang, Nori Sasaki, seperti dilansir Reuters, Rabu.

Di perempat final nanti, Jepang akan berhadapan dengan Australia yang mengalahkan Brasil dengan skor tipis 1-0 dalam babak 16 besar, Senin (22/6).

Dalam pertemuan terakhir, Jepang berhasil mengalahkan Australia dengan skor 1-0 pada final Piala Asia Wanita 2014 di Vietnam. Namun, Sasaki tidak mau sesumbar mampu mengulang kemenangan itu di Canada.

“Australia adalah tim yang sangat berbeda saat ini, mereka telah banyak mengalami peningkatan. Mereka lebih baik secara teknik. Saya harus mengatakan Australia memiliki potensi tinggi saat ini dan kami harus mewaspadai itu,” tutur Sasaki.

Di sisi lain, kekalahan dari Jepang membuat Belanda menelan kekecewaan ganda. Mereka bukan hanya gagal mempertahankan posisi di Piala Dunia, tapi juga kehilangan kans lolos secara langsung ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Hanya tiga tim dengan peringkat teratas di Eropa yang akan lolos ke Olimpiade. Dua tempat teratas di Eropa telah dihuni oleh Prancis dan Jerman. Sementara itu,

Belanda harus bersaing dengan tim-tim Eropa lain yang juga lolos ke babak 16 besar Piala Dunia, yakni Norwegia, Swedia, Swiss, dan Spanyol, untuk memperebutkan tempat ketiga. Mereka akan bertarung dalam turnamen mini, Februari 2016. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya