SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

DENPASAR: Wisatawan mancanegara (Wisman) asal Malaysia yang menikmati liburan ke Bali selama triwulan pertama tahun ini tercatat sebanyak 29.971 orang, atau meningkat 4.963 orang (19,85%) dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 25.008 orang.

“Malaysia punya andil 6,11 persen dari total wisman ke Pulau Dewata sebanyak 490.454 orang,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Bali, Ida Komang Wisnu di Denpasar, Senin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan, negara itu menempati urutan keempat dari daftar sepuluh negara terbanyak yang memasok wisman ke Bali, setelah Jepang, Australia dan Cina. Dari sepuluh negara pemasok wisman ke Indonesia, enam negara termasuk Malaysia mengalami peningkatan  signifikan. Lima negara lainnya meliputi Australia, Cina, Amerika Serikat, Perancis dan Rusia.

Ekspedisi Mudik 2024

Sedangkan empat negara yang masyarakatnya berkurang ke Bali meliputi Jepang yang turun mencapai 11,63 persen, Korea Selatan 8,82 persen, Taiwan 24,01 persen dan Inggris 16,04 persen.

Kenaikan itu berbanding lurus dengan kenaikan wisman asal negera itu yang berkunjung ke Jogja. Jumlah kunjungan wisman asal Malaysia ke Jogja bahkan meningkat sebesar 300% pada 2008. Tercatat hingga akhir 2008, wisatawan dari negeri tetangga itu mencapai 17.000 orang dari sebelumnya pada 2007 hanya 5.500 orang. “Ini berbanding lurus dengan dibukanya dua penerbangan Malaysia-Jogja,” kata Kepala DInas Pariwisata DIY, M Tazbir,belum lama ini. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya