Tutup Iklan

Wisatawan Mancanegara ke Jateng Merosot 4,22%

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung melalui pintu masuk Bandara Ahmad Yani pada Juli 2019 tercatat hanya 1.885 kunjungan. Jumlah tersebut mengalami penurunan 4,22% dibandingkan dengan wisman bulan Juni yang tercatat 1.968 kunjungan.

Wisatawan Mancanegara ke Jateng Merosot 4,22%

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan mancanegara. (Bisnis)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung melalui pintu masuk Bandara Ahmad Yani pada Juli 2019 tercatat hanya 1.885 kunjungan.  Jumlah tersebut mengalami penurunan 4,22% dibandingkan dengan wisman bulan Juni yang tercatat 1.968 kunjungan. 

Kepala BPS Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono, mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara didominasi oleh tiga negara, yakni Malaysia, Singapura, dan Vietnam. “Jumlah kunjungan wisman terbanyak berasal dari warga negara berkebangsaan Malaysia, yaitu 516 kunjungan, disusul Singapura 201 kunjungan, dan Vietnam sebanyak 84 kunjungan,” papar Sentot, Senin (2/8/2019).

Di sisi lain, lanjutnya, untuk tingkat penghunian kamar (TPK) alias akupansi hotel berbintang di Jawa Tengah pada bulan Juli 2019 tercatat 47,02%, turut mengalami penurunan sebesar 2,12 poin dibanding TPK bulan Juni yang tercatat 49,14%. Menurutnya, apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018, maka TPK Juli 2019 juga mengalami penurunan sebesar 0,42 poin.

“TPK bulan Juli 2019 tertinggi terjadi pada hotel bintang 4 yaitu sebesar 53,12% dan terendah hotel bintang 1 sebesar 31,83%,” ujarnya.

Dikatakannya kemudian, rata-rata lama menginap (RLM) tamu hotel berbintang pada bulan Juli 2019 mencapai 1,26 malam, naik 0,02 poin dibanding bulan Juni yang hanya tercatat 1,24 malam.  Pada bulan Juli 2019, RLM mancanegara tercatat sebesar 1,66 malam, mengalami penurunan sebesar 0,18 poin dibandingkan bulan sebelumnya (Juni) yang tercatat sebesar 1,85 malam.

“Sedangkan untuk RLM domestik tercatat 1,25 malam, mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode Juni yang tercatat sebesar 1,24 malam,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Lucu Banget! 5 Foto Bobby di Instagram, Kucing Kesayangan Prabowo

Ini dia lima foto lucu nan menggemaskan dari Bobby, kucing kesayangan milik Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto di Instagram.

Pemilik Kapal di Pati Didorong Beri ABK Perlindungan Jamsostek

Pengusaha kapal perikanan di Pati didorong mendaftarkan anak buah kapal (ABK) menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penjualan Mobil di RI Tertinggi Kedua Se-Asean, Dampak PPnBM 0 Persen?

Kini Indonesia memperkuat posisinya dengan mencetak volume penjualan mobil tertinggi kedua se-Asean sepanjang Januari—April 2021.

Target Sasaran Vaksin Covid-19 di Kudus Jadi 607.063 Orang

Target sasaran vaksin Covid-19 di Kabupaten Kudus naik menjadi 607.063 orang dari sebelumnya hanya 127.063 orang.

Kasir Otaki Pencurian Rp74 Juta Milik UPK Gemilang Magelang

Seorang kasir di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Gemilang Sejahtera Tempuran berinisial, Sj, 38, jadi otak pencurian uang senilai Rp74 juta.

Lirik Lagu Lingsir Wengi dan Terjemahannya Versi Didi Kempot

Di bawah ini terdapat lirik lagu yang kerap dikaitkan dengan horor, Lingsir Wengi versi sang maestro musik campursari, Didi Kempot.

Menilik Kuliner Opor Ayam Khas Pati yang Fenomenal

Pati punya hidangan khas lain berupa opor, salah satunya Opor Ibu Saudah yang dalam penyajiannya porsi potongan ayamnya besar-besar.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Kasih Beasiswa Plus Link Pendaftarannya

Sembilan perguruan tinggi BUMN menawarkan beasiswa kuliah kepada calon mahasiswa baru.

10 Berita Terpopuler : 1 dari 4 SMK Swasta Terbaik Nasional Ada di Solo – Kisah Warga Terjerat Pinjol

Ulasan tentang SMK swasta terbaik nasional hingga Coca Cola merugi masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

KA Nusa Tembini Digadang Angkat Pariwisata Banyumas

KA Nusa Tembini rute Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP) yang akan diluncurkan pada 2 Juli 2021 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.  

Waduh! Covid-19 Meluas, Tambah 3 Kantor Desa di Polokarto Sukoharjo Lockdown

Seluruh pelayanan masyarakat dihentikan sementara setelah tiga kepala desa (Kades) di Polokarto dinyatakan positif Covid-19.

Kasus Covid-19 Sleman Melonjak, Hingga Pertengahan Juni Ada 59 Pasien Meninggal

Terjadi lonjakan kasus COvid-19 di Sleman. Begitu pula dengan angka kematian pasien Covid-19 yang meningkat.