SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Wisatawan asal Cawas, Klaten, Jawa Tengah, Hamid Abdullah, 22, hampir tewas tergulung ombak Pantai Pulang Sawal, Kecamatan Tepus.

Peristiwa yang terjadi Rabu (9/4/2014) ini dipicu Hamid dan sejumlah teman yang membandel karena tidak mengindahkan peringatan penjaga pantai terhadap kondisi ombak di sisi timur pantai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saksi mata, Tukiman, 54, peluit sempat dibunyikan sebagai peringatan terhadap aktivitas Hamid dan teman-teman. “Saya memperingatkan mereka lebih dari empat kali tetap ngeyel,” tuturnya kepada Harian Jogja di Pulang Sawal.

Hamid sebenarnya sudah hampir terseret beberapa kali tapi tetap nekat berenang agak ke tengah.

Rombongan Hamid pun berpindah ke air pantai sebelah barat posko Search and Rescue (SAR) Pulang Sawal. Tukiman kembali memperingatkan. Teman-teman Hamid menurut dan menepi namun Hamid justru nekat dan setiap ada ombak datang, semakin ke selatan. “Sekitar pukul 13.30 WIB dia terseret ombak,” tuturnya.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Baron Marjono menuturkan penyelamatan dilakukan dengan meminta bantuan nelayan Pantai Ngandong, Tepus. Pasalnya, korban terseret sampai 100 meter ke tengah laut.

Korban diselamatkan nelayan Gumari, Rujiman dan Supanto. “Perahu dari Ngandong lebih dekat daripada dari Pok Tunggal, yang bersebelahan dengan Pulang Sawal,” tutur Marjono.

Ia menambahkan tidak ada perahu yang stand by di Pulang Sawal karena lokasinya tidak bisa untuk mendarat kapal.

Penyelamatan Hamid memerlukan waktu kurang lebih 20 menit dengan kondisi gelombang sekitar 2,6 meter karena laut sedang pasang.

“Setelah berhasil dievakuasi, Hamid kemudian dilarikan ke Puskesmas Tepus I untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Saat dievakuasi dia dalam kondisi pingsan,” ucap Marjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya