SOLOPOS.COM - Burung Kasuari kini dapat disaksikan pengunjung di taman satwa objek wisata Sendang Asri Waduk Gajar Mungkur (WGM) Wonogiri. Gambar diambil belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Wisata Wonogiri yakni WGM menambah koleksi satwa.

Solopos.com, WONOGIRI – Pengunjung obyek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri direncanakan sudah dapat menyaksikan beberapa satwa baru yang dititipkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) pada akhir pekan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak diserahkan oleh BKSDA Jumat (9/10/2015) lalu, beberapa hewan belum ditempatkan di taman satwa karena harus dikarantina.

Pada awal bulan ini, objek wisata Sendang Asri WGM memperoleh titipan berupa seekor kasuari, seekor elang bido, burung kakak tua tanimbar, burung rangkong papan, merak, dan tiga ekor buaya.

Namun dari hewan yang dititipkan, hanya kasuari dan buaya saja yang sudah ditempatkan di taman satwa. Sedangkan satwa lain masih berada di ruang karantina.

“Sebab kami masih menunggu proses perbaikan kandang, maka yang lain masih dikarantina. Kemungkinan pekan ini sudah bisa ditempatkan di taman satwa,” kata Kepala UPT Objek Wisata Sendang Asri WGM, Pardianto, saat ditemui belum lama ini.

Dia berharap dengan adanya satwa-satwa baru tersebut mampu melengkapi koleksi taman satwa objek wisata tersebut dan menarik perhatian pengunjung.

“Kalau untuk tentukan target penjualan tiket akan tidak mudah. Untuk hari-hari biasa jumlah pengunjung hanya sekitar 30 orang per hari, sedangkan pada hari libur bisa mencapai 100 orang per hari, dan saat Lebaran bisa mencapai 300 orang per hari. Tapi yang penting dalam pengelolaan pariwisata ada dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi rakyatnya. Semoga hal itu bisa terwujud,” kata dia.

Sebelumnya dia mengatakan jumlah pengunjung di Sendang Asri WGM mengalami banyak penurunan setelah tidak ada hewan gajah di taman satwa.

Dia berharap dalam waktu dekat upaya untuk mendatangkan hewan gajah kembali bisa terwujud. “Saat ini proses perizinan masih berjalan, semoga berhasil,” kata dia.

Di sisi lain Kepala BKSDA Jateng, Johan Setyawan, mengatakan satwa langka yang diserahkan ke objek wisata Sendang Asri WGM merupakan hasil penyerahan warga Jepara.

“Ada satwa yang diserahkan warga Jepara. Kemudian k8ami titipkan ke Wonogiri [Sendang Asri WGM],” kata dia saat dihubungi belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya