Tutup Iklan

WISATA WONOGIRI : Kampung Wayang Bikin Paket Wisata Khusus untuk Sukarelawan

WISATA WONOGIRI : Kampung Wayang Bikin Paket Wisata Khusus untuk Sukarelawan

SOLOPOS.COM - Aktivitas pengrajin di Kampung Wayang . (Mariyana Ricky P.D./JIBI)

Wisata Wonogiri, tersedia paket wisata khusus untuk sukarelawan di kampung wayang.

Solopos.com, WONOGIRI — Pengelola Kampung Wayang di Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri membuka paket wisata khusus untuk relawan/sukarelawan. Para sukarelawan bisa ikut berbagi kepada masyarakat Kepuhsari tentang ilmu atau keterampilan yang mereka miliki.

Koordinator Kampung Wayang, Retno Lawiyani, mengatakan program sukarelawan yang digagas merupakan inovasi paket wisata yang sudah ada.

Paket ini memberikan kesempatan kepada sukarelawan untuk berbagi keterampilan apa saja kepada warga desa, misalnya kerajinan tangan, bahasa Inggris, public speaking, manajemen keuangan, dan lain sebagainya. Pembiayaan menginap dan kebutuhan makan menjadi tanggung jawab sukarelawan.

“Sebagai timbal baliknya, relawan boleh mempelajari apa saja yang ada di Desa Kepuhsari, khususnya yang berkaitan dengan wayang. Selain itu, bisa menikmati suasana kehidupan khas desa. Penentuan lama hari dalam paket tersebut sesuai keinginan relawan,” ucapnya ketika dihubungi, Rabu (25/10/2017).

Saat ini, terdapat empat paket yang tersedia di Kampung Wayang, antara lain paket Arjuna untuk satu hari dengan aktivitas membuat wayang dan mewarnai wayang kaca, tarifnya Rp305.000-Rp375.000/orang serta paket Kresna selama dua hari dengan aktivitas membuat wayang, mewarnai wayang kaca, dan menginap di homestay, tarifnya Rp420.000-Rp565.000/orang.

Selain itu, ada paket Pandawa yakni menginap tiga hari dua malam di homestay dengan melakukan aktivitas membuat wayang, mewarnai wayang kaca, workshop gamelan dan karawitan dengan tarif Rp720.000-Rp940.000/orang. Sedangkan paket Pandawa plus, ada tambahan pergelaran wayang kulit minimal 20 orang dengan tarif Rp835.000-Rp1.100.000/orang.

Sukarelawan Kampung Wayang asal Bandung, Danastri, menambahkan program itu digagas untuk semakin memperkenalkan Kampung Wayang ke luar daerah. Menurutnya, selain mau membayar biaya akomodasi dan konsumsi selama tinggal di Kampung Wayang, calon sukarelawan harus berusia minimal 17 tahun dan mempunyai keterampilan tertentu untuk dibagikan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Komitmen Indonesia Turunkan Angka Pekerja Anak

Indonesia tak lelah berupaya menurunkan angka pekerja anak, tetapi bagaimana sebenarnya wujud komitmen Indonesia menumpas pekerja anak?

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.