WISATA WONOGIRI : Jelang Lebaran, Pengelola WGM Minta Gajah
Pengunjung melihat hewan koleksi Objek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSA-WGM) Wonogiri, Kamis (25/6/2015). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Wisata Wonogiri yakni OWSA WGM mengupayakan kedatangan gajah menjelang Lebaran 2015.

Solopos.com, WONOGIRI - Menyambut libur Lebaran 2015, pengelola Objek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSA-WGM) Wonogiri mengajukan penambahan gajah ke Kementerian Kehutanan (Kemenhut).

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Sentot Sujarwoko, mengatakan setelah mengantongi izin sebagai lembaga konservasi (LK) dalam bentuk pengelolaan satwa langsung mengusulkan penambahan hewan.

“Kami melalui surat dinas resmi Pemkab mengajukan penambahan hewan di OWSA-WGM. Surat itu dikirim ke Kemenhut awal Juni,” ujar Sentot saat ditemui solopos.com di kantornya, Kamis (25/6/2015).

Dia mengatakan dalam surat itu meminta penambahan dua gajah. Penambahan hewan gajah itu dilakukan untuk persiapan menyambut pengunjung OWSA-WGM pada liburan Lebaran tahun ini.

Gajah, kata dia, selama ini menjadi hewan favorit bagi pengunjung. Setelah gajah itu ditarik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) 2012, jumlah pengunjung turun.

“Sampai sekarang belum ada surat balasan dari Kemenhut. Kami berharap sebelum Lebaran sudah ada kepastian,” kata dia.

Dia menjelaskan untuk menyambut kedatangan gajah itu sudah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari kandang, dokter hewan hingga pawang. Dengan itu ketika gajah sudah tiba di OWSA-WGM segala sesuatunya sudah siap.

“Kami optimis Kemenhut menyetujui permintaan hewan gajah di OWSA-WGM,” kata dia.

Sentot menjamin hewan itu nanti akan dijaga dengan baik. Hal itu sangat penting untuk menjaga kepercayaan OWSA-WGM sebagai lembaga konservasi selama dua tahun.

“Jika dalam kurun dua tahun itu ada perkembangan positif, status LK dinaikkan menjadi izin definitif yang berlaku selama 30 tahun,” papar dia.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) OWSA-WGM Wonogiri, Pardiyanto, mengatakan mendekati Lebaran tahun ini melakukan segala persiapan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di OWSA-WGM.

“Hewan gajah menjadi salah satu andalan OWSA-WGM. Kami berharap pada liburan Lebaran nanti sudah mendapatkan izin memelihara gajah,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom