SOLOPOS.COM - Bukit Joglo Desa Sendang, Wonogiri. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Wisata Wonogiri, Pemdes Sendang mengandalkan Bukit Joglo jadi lokasi wisata.

Solopos.com, WONOGIRI–Rencana pengembangan desa wisata di Desa Sendang, Wonogiri terus digodok. Namun saat ini pengembangan lokasi wisata yang akan menonjolkan panorama dari atas menara gantole tersebut masih terkendala kepemilikan lahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kepala Desa Sendang, Budi Hardono, saat ini menara gantole di Bukit Joglo, Sokogunung, Sendang, Wonogiri tersebut masih berstatus tanah negara. “Ada sekitar 10 hektare termasuk landasan gantole. Saat ini kami sedang berupaya untuk membuat permohonan untuk meminta lahan tersebut menjadi tanah kas desa. Sebab untuk dikelola, harus menjadi tanah kas desa dulu,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Bukit Joglo, belum lama ini. Dia berharap upaya tersebut membawa hasil.

Budi mengatakan rencana pengembangan desa wisata tersebut adalah untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Wilayah di Sendang tidak sesuai untuk pertanian. Untuk membantu meningkatkan perekonomian rakyat, salah satu solusinya adalah pengembangan ekonomi kreatif atau industri kecil. Keberadaan lokasi wisata diharapkan dapat mendorongnya,” kata dia.

Pengembangan desa wisata Sendang direncanakan menonjolkan pemandangan alam dari puncak Bukit Joglo yang saat ini menjadi menara gantole. Dari puncak bukit tersebut pengunjung dapat melihat Waduk Gajah Mungkur (WGM). Selain itu pada musim kemarau, pengunjung dapat melihat sunset maupun sunrise. Bukit-bukit batu yang diselimuti tumbuhan juga menjadi bagian dari pemandangan di bukit dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut itu.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Suyut Setyawan, menara gantole Sendang merupakan salah satu lokasi yang dapat digunakan untuk menyaksikan pemandangan sunset maupun sunrise.
“Selain di lokasi tersebut ada juga di Pantai Sembukan, Watu Kotak Kampung Wayang Kepuhsari dan Bukit Cumbri Purwantoro,” kata dia kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya