SOLOPOS.COM - Seorang warga melintas di jalur menuju menara gantole di Sendang, Wonogiri, Selasa (28/6/2016). Jalur tersebut telah terpasang peringatan rawan longsor. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Wisata Wonogiri, tim BPBD Wonogiri menyiagakan personel untuk memantau lokasi wisata.

Solopos.com, WONOGIRI–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri segera siapkan ramkan rambu-rambu peringatan daerah rawan bencana di sejumlah lokasi, termasuk lokasi wisata. Selama musim lebaran, pengawasan lokasi-lokasi rawan bencana tetap dilakukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, sebagai akibat dari pengaruh La Nina, di Wonogiri masih memungkinkan terjadinya hujan dan munculnya angin topan, meskipun sudah memasuki musim kemarau. “Istilahnya kemarau basah, jadi masih ada kemungkinan turun hujan meski di musim kemarau. Untuk itu meski saat ini memasuki musim lebaran, personel BPBD dan sukarelawan tetap siap. Kami tidak ada libur,” kata dia, Selasa (28/6/2016). Selain menyiapkan personel, dalam waktu dekat BPBD juga akan memasang rambu-rambu rawan bencana di sejumlah lokasi.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Bambang, hingga saat ini gelombang laut di selatan Jawa masih cukup tinggi, sehingga perlu adanya peringatan bagi para wisatawan yang datang ke pantai di Paranggupito untuk selalu waspada. “Rambu-rambu berupa spanduk maupun papan peringatan. Lokasi wisata yang nantinya akan dipasangi rambu-rambu itu adalah kawasan pantai berkaitan dengan gelombang tinggi, Waduk Gajah Mungkur karena kondisi kedalaman waduk, Kahyangan berkaitan dengan rawan longsor dan arus deras dan sebagainya,” kata dia.

Selain itu rambu-rambu juga akan dipasang untuk memberikan peringaran kepada masyarakat dan para pemudik adanya lokasi-lokasi rawan longsor dan rawan pohon tumbang. Bambang mengatakan jalur yang rawan longor salah satunya adalah jalur menuju bukit gantole di Sendang, Wonogiri. Di jalur tersebut pada tahun sebelumnya juga telah dipasang peringatan. Sebab pada musim liburan, lokasi tersebut banyak dikunjungi warga.

“Rambu-rambu sudah ada, tinggal dipasang. Direncanakan pada pekan ini kami pasang,” kata dia.

Sebelumnya Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, mengimbau agar warga Wonogiri terutama di wilayah-wilayah rawan bencana untuk selalu waspada. “Sebab saat ini intensitas hujan masih tinggi. Di beberapa lokasi telah terjadi bencana alam. Untuk itu warga harus tetap waspada,” kata dia. Dia juga berharap agar instansi terkait tetap siaga meski di musim libur lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya