Pengunjung menaiki perahu di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Kamis (6/6/2019). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI -- Ribuan wisatawan menyerbu objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri sejak Lebaran hari pertama, Rabu (5/6/2019). Pada Lebaran hari kedua, Kamis (6/6/2019), jumlah pengunjung meningkat sangat signifikan, diperkirakan menembus 10.000 orang.

Pantauan Solopos.com di lokasi, Kamis, lahan parkir tambahan yang disediakan pengelola di sisi barat seluas lebih dari 2 hektare (ha) penuh sepeda motor. Lahan parkir di lapangan dan ruang-ruang tepi jalan juga penuh mobil pribadi dan bus.

Pengelola membuka dua jalur tiket, yakni di pintu sisi barat untuk pelayanan tiket masuk pengunjung yang menggunakan sepeda motor dan di pintu timur untuk melayani tiket masuk pengunjung bermobil. Wahana-wahana seperti jelajah waduk menggunakan perahu dan speedboat, permainan anak, taman satwa, dan taman bunga dipenuhi pengunjung.

Pusat kuliner, aksesori, dan jajanan lain di area barat juga ramai pengunjung. Kepala UPTD Pengelolaan Wisata Wonogiri, Pardianto, saat ditemui Solopos.com, Kamis, mengatakan WGM mulai ramai dikunjungi sejak awal pekan ini karena saat itu sudah libur.

Sejak saat itu dari hari ke hari hingga dimulainya Gebyar Lebaran Waduk Gajah Mungkur (GLWGM), Rabu lalu, pengunjung semakin ramai. Pada Rabu itu pengunjung tercatat 3.347 orang.

“Hari ini jumlah pengunjung meningkat signifikan. Semua bagian di area wisata dipenuhi pengunjung. Kalau sampai sore nanti saya yakin bisa menembus 10.000 orang,” kata Pardianto.

Tahun ini pengelola menargetkan objek wisata WGM dikunjungi tak kurang dari 100.000 orang selama 10 hari kegiatan Lebaran digelar hingga 14 Juni mendatang. Pendapatan ditarget mencapai Rp1,8 miliar.

Pardianto meyakini target tercapai. Bercermin pada kegiatan serupa tahun lalu, waktu itu pendapatan yang diraup mencapai Rp1,9 miliar.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) Wonogiri, Fredy Sasono, menginformasikan hingga hari kedua GLWGM belum ada pengunjung yang memanfaatkan program masuk gratis dengan menunjukkan akun Instagram bagi warga yang memiliki pengikut atau follower minimal 1.000.

Di media sosial program itu ramai diperbincangkan. Banyak yang menyatakan akan memanfaatkan momentum ini. Fredy mempersilakan warga menggunakan kesempatan ini.

“Tiap tahun polanya sama, 20 persen pengunjung bermain wahana jelajah waduk pakai perahu. Memang wahana itu selalu menjadi wahana paling favorit. Taman Bunga Celosia yang kami buat belum lama ini juga disambut baik,” kata Fredy.

Menurut dia, kegiatan tahun ini spesial karena baru kali ini objek wisata WGM bersih dari pedagang asongan yang berjualan di tepi jalan. Seluruh pedagang menempati selter di sisi barat, awal tahun ini.

Sebelumnya, kawasan wisata tampak semrawut karena banyak pedagang berjualan di berbagai tempat.



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten