SOLOPOS.COM - Tiang pancang terpasang di dasar Kedung Uter yang menjadi bagian dari Waduk Kedungombo, Selasa (13/9/2016). Pemprov Jateng menggulirkan bantuan senilai lebih dari Rp10 miliar untuk membangun jembatanpenghubung Objek Wisata Religi Gunung Kemukus. (M Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Wisata Sagen, Gunung Kemukus kini makin berbenah.

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menggulirkan dana senilai lebih dari Rp10 miliar untuk membangun jembatan penyeberangan menuju Gunung Kemukus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com di lokasi, Selasa (13/9/2016), sejumlah pekerja berusaha memasang tiang pancang menggunakan dua mobil crane. Di sebelah barat, pembangunan jembatan sudah memasuki tahap pembuatan kerangka beton.

Sementara di sisi timur baru memasuki tahap penanaman tiang pancang. Jembatan itu dibangun untuk memudahkan akses menuju Objek Wisata Religi Gunung Kemukus. Saat musim hujan, jembatan lama tidak bisa dilalui kendaraan karena tergenang air. Wisatawan harus menggunakan jasa ojek perahu menuju Gunung Kemukus.

”Kalau jembatan itu jadi, dermaga di sana tidak akan difungsikan. Pengunjung tidak perlu menggunakan perahu karena bisa melintasi jembatan. Memang akan mengurangi pendapatan warga dari hasil ojek perahu, tapi itu sudah sesuai permintaan warga,” terang Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, Hutomo Ramelan, kepada Solopos.com.

Meski dibangun menggunakan dana dari Pemprov Jateng, kata Tomi, sapaan akrabnya, jembatan itu dibangun kontraktor di bawah pengawasan DPU Sragen. Proyek ini dimulai pada Juli lalu dan akan berakhir pada Desember mendatang. Setelah jembatan baru berdiri, kata Tomi, jembatan lama tidak akan difungsikan.

Selain kondisinya yang sudah lapuk dimakan usia, sebagian oprit jembatan lama juga sudah diterjang jembatan baru. ”Jembatan lama itu tidak berfungsi kala musim hujan. Kondisinya juga sudah tidak layak. Jadi, kemungkinan jembatan lama akan ditutup saja,” terang Tomi.

Sementara itu, Penanggung jawab Objek Wisata Religi Gunung Kemukus, Suparno, pembangunan jembatan penyeberangan Kedung Uter yang menjadi bagian dari Waduk Kedung Ombo itu akan mempermudah penataan Kemukusdi masa mendatang. Dia mengakui selama ini penataan fisik Objek Wisata Religi Gunung Kemukus terkendala akses jalan dan jembatan yang kurang memadai.

”Selain melintasi jembatan lama itu, sebetulnya Kemukus bisa dijangkau dari Kecamatan Miri. Namun, kondisi jalan terlalu sempit sehingga sulit dijangkau kendaraan berat yang mengangkut material bangunan. Kalau jembatan baru jadi, penataan Kemukus akan lebih mudah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya