WISATA SRAGEN : Inilah 5 Tujuan Mbolang Seru, Air Terjun Perawan hingga Alaska
Seorang pengunjung bermain di dekat air terjun Dung Grujug di Dusun Pungkruk, Desa Doyong, Kecamatan Miri, Sragen, Minggu (6/3/2016). (M Khodid Duhri/JIBI/Solopos)

Wisata Sragen seru untuk dijelajahi selama liburan.

Solopos.com, SOLO–Libur panjang semakin seru apabila dihabiskan untuk mbolang alias berpetualang ke tempat-tempat baru. Salah satu wilayah menawarkan lokasi wisata seru untuk dieksplorasi adalah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dihimpun Solopos.com, Sabtu (10/9/2016), berikut ini adalah lima lokasi wisata di Sragen yang dijamin bisa menghilangkan penat serta memuaskan hasrat berpetualang Anda selama liburan:

Grojokan Teleng
Wisata air terjun itu terletak di Dukuh Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen. Untuk sampai ke Gerojokan Teleng, dari tapal dukuh pengunjung perlu melewati pematang sawah dan masuk ke Hutan Bulu yang rindang serta dipenuhi kicauan burung.
Ikuti terus jalan setapak maka di ujungnya akan terlihat air terjun yang masih perawan dikelilingi tebing megah setinggi 10 meter. Di bawahnya terdapat kolam alami yang bisa digunkana untuk berenang. Tidak jauh dari Gerojokan Teleng, pengunjung juga bisa mampir ke pemandian air panas Sendang Ngunut.

Grojokan Teleng terletak di Dukuh Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Minggu (27/3/2016). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)
Grojokan Teleng terletak di Dukuh Sambilenguk, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Minggu (27/3/2016). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Waduk Gebyar
Masih di Kecamatan Sambirejo, Anda juga bisa mampir ke Waduk Gebyar di Desa Jambean. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan di waduk yang juga dikenal dengan nama Brayut itu adalah dengan naik ke bukit di sebelah timur laut melewati ladang singkong dan kacang milik penduduk.
Memang sedikit terjal namun dari titik tersebut waduk terlihat semakin indah berkat latar bukit-bukit hijau dan Gunung Lawu yang tampak biru di kejauhan. Sangat cocok dijadikan lokasi berburu foto bagi para pencinta fotografi.

Suasana pagi di Waduk Gebyar, Minggu (19 Juni 2016) (Mariyana Ricky/JIBI/Solopos)
Suasana pagi di Waduk Gebyar, Minggu (19 Juni 2016) (Mariyana Ricky/JIBI/Solopos)

Alaska Kedawung
Setelah berpanas-panas ria di Waduk Gebyar, selanjutnya Anda bisa ngadem di tengah hawa sejuknya perkebunan atau alas karet (alaska) milik PT Perkebunan Nusantara IX di Kecamatan Kedawung.
Pohon-pohon karet tinggi menjulang menjadi peneduh dari sinar matahari. Sedangkan ruang di antara ranting pohon melengkung menyajikan lorong yang cocok sebagai latar berfoto. Di Alaska Kedawung tidak perlu khawatir kelaparan karena ada sejumlah pedagang yang menjajakan pecel ndeso.

lopos Suasana pagi di Alas Karet Kedawung, Minggu (19/6/2016). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)
lopos
Suasana pagi di Alas Karet Kedawung, Minggu (19/6/2016). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos)

Bukit Sangiran
Sangiran tidak boleh dilewatkan apabila mbolang ke Sragen. Selain ke museum fosil manusia purba, Anda juga bisa menikmati hamparan hijaunya alam bertemu birunya langit di cakrawala dari puncak menara pandang di Bukit Sangiran yang berjarak tiga kilometer dari Kluster Krikilan. Dari menara pandang, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke Kluster Bukuran dan Ngebung.

Dung Grujug
Surga kecil bernama Dung Grujung itu bersembunyi di Dusun Pungkruk, Desa Doyong, Kecamatan Miri, Sragen dan belum banyak diketahui orang. Tempat wisata tersebut menawarkan eksotisme air terjun setinggi lima meter yang diapit tebing bermotif garis-garis yang terbentuk akibat gerusan air selama ratusan tahun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho