SOLOPOS.COM - Waduk Gajah MUngkur (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com WONOGIRI – Kontribusi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Wonogiri dari retribusi pengunjung objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) diperkirakan melonjak. Pasalnya, kini WGM menambah koleksi satwa sebanyak empat jenis binatang untuk menyedot wisatawan.

Keempat jenis binatang tersebut yakni buaya, burung kakaktua jambul kuning, elang kepala putih dan merak. Satwa tersebut berjumlah 14 ekor terdiri dari buaya sebanyak tujuh ekor, kakaktua jambul kuning dua ekor, elang kepala putih sebanyak dua ekor dan merak dua ekor. Tambahan koleksi satwa itu tiba di WGM pada Jumat (14/3/2014) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) WGM, Pardiyanto mengatakan tambahan koleksi satwa tersebut bakal menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi WGM. Jumlah wisatawan WGM diperkirakan melonjak menyusul tambahan koleksi satwa. Pihaknya optimistis dapat mencapai target pemasukan PAD asal objek wisata WGM senilai Rp5,5 miliar.

“Dengan tambahan satwa dipastikan jumlah pengunjung meningkat otomatis kontribusi pemasukan PAD juga bakal naik,” katanya, Minggu (16/3/2014).

Menurut dia, satwa tersebut merupakan binatang titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Satwa tersebut merupakan hasil penyitaan yang dilakukan BKSDA Jateng di beberapa daerah di Jateng.

Pardiyanto menjelaskan terdapat dua dua izin yang diajukan pengelola WGM yakni Lembaga Konservasi (LK) dan penangkaran. Izin penangkaran telah diterbitkan BKSDA Provinsi Jateng sementara izin LK masih diproses di Pemerintah Pusat. “Bila izin LK sudah diterbitkan maka WGM bisa memelihara satwa lainnya seperti macan dan gajah. Sekarang masih diproses di Pemerintah Pusat,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Wonogiri, Sentot Sujarwoko menuturkan pihaknya tengah menggodok draft perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta terkait sewa lahan di sekitar objek wisata WGM.

Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan menyewa lahan milik Perum Jasa Tirta seluas tujuh hektare. Penyewaan lahan tersebut dilakukan selama tiga tahun. “Besaran nilai sewa lahan belum diputuskan kedua belah pihak. Sekarang masih tahap negosiasi mungkin dalam waktu dekat sudah clear,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya