SOLOPOS.COM - Ilustrasi hotel (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO—Pekan ini okupansi hotel dinilai lebih tinggi jika dibandingkan pada awal bulan. Hal ini kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) mulai kembali dilakukan.

Hotel Manager Fave Hotel Adisucipto, Moch. Muchlis, mengatakan pada awal bulan ini city okupansi sekitar 60%. Hal ini menurun jika dibandingkan dengan Oktober yang mencapai 90%. Dia mengatakan saat libur Tahun Baru Hijriyah, kebanyakan menghentikan kegiatan dan lebih memilih berlibur ke Jogja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun dia mengatakan mulai pekan ini, okupansi akan kembali naik karena agenda MICE kembali digelar. Dia mengatakan Fave Hotel lebih fokus menggarap MICE untuk korporat. Hal ini karena kalau pemerintahan biasanya ada yang menggunakan biaya besar karena menghadirkan pejabat dengan standar hotel dan layanan hotel bintang empat atau lima sedangkan Fave Hotel merupakan budget hotel.

“Saya optimistis MICE di budget hotel akan terus berkembang. Hal ini karena tarif budget hotel lebih terjangkau,” kata Muchlis kepada wartawan, belum lama ini.

Dia juga menjelaskan selama ini tamu yang banyak datang ke Fave Hotel berasal dari korporat dan traveler. Hal yang sama juga disampaikan Public Relations Manager Lorin Solo, Kartika Oktavia Pravita. Wanita yang akrab disapa Vita ini menuturkan pada awal November okupansi sempat turun. Namun kini sudah meningkat hingga 80%. “Okupansi bulan ini 80%, itu sudah on hand. Okupansi yang tinggi ini akan terus terjadi hingga Desember,” ujarnya.

Dia menuturkan tingginya okupansi tersebut dipicu banyaknya instansi pemerintah yang mengadakan acara untuk menghabiskan anggaran tahun ini. Selain instansi pemerintah, menjelang pemilihan umum (pemilu) tahun depan, banyak juga partai politik (parpol) yang mengadakan pertemuan dan pelatihan terhadap kader masing-masing. Parpol yang mengadakan kegiatan tersebut kebanyakan merupakan partai besar.

Dia juga mengatakan okupansi hingga akhir tahun diperkirakan mencapai 90%. “Sekarang [bulan ini] kebanyakan tamu MICE tapi kalau Desember kemungkinan akan ada pergeseran karakteristik tamu mengingat banyak momen, seperti Natal dan tahun baru,” ungkap Vita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya