SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat benda koleksi di Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Selasa (2/5/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Wisata Solo, Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tutup tanpa pemberitahuan jelas.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah wisatawan terpaksa “gigit jari” saat akan mengunjungi Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di kawasan Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (15/11/2017). Mereka kecele lantaran museum ditutup.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan informasi yang diterima , Museum Keraton Solo tutup sejak Sabtu (11/11/2017) pekan lalu. Penutupan museum keraton yang disebut-sebut berkaitan dengan proyek revitalisasi di dalam museum tanpa disertai pengumuman jelas.

Ekspedisi Mudik 2024

Di depan museum tidak ada pengumuman yang gamblang terkait penutupan destinasi wisata tersebut. Penjaga pintu gerbang museum saat didatangi calon wisatawan juga tak memberikan keterangan yang jelas terkait penutupan museum.

“Hanya dibilang, tutup mas. Tapi kami ndak tahu alasannya kenapa kok ditutup, di sana juga tidak ada pengumuman apa-apa,” kata seorang pengunjung asal Ungaran, Wiyadi, saat berbincang dengan , Rabu (15/11/2017).

Dinas Pariwisata (Disparta) dan Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo juga belum mendapatkan informasi atau pemberitahuan resmi dari manajemen museum keraton terkait penutupan museum.

“Semestinya ada pemberitahuan kepada kami, kepada wali kota, bahkan kepada tour and travel. Setidaknya pelaku pariwisata juga bisa antisipasi, kalau keraton tutup bisa dicarikan alternatif destinasi lain tanpa ada wisatawan yang kecele,” kata Kepala Disparta Solo, Basuki Anggoro Hexa.

Kepala Disbud Solo, Kinkin Sulthanul Hakim, justru tidak tahu jika untuk sementara ini Museum Keraton tidak melayani wisatawan. “Saya malah belum tahu. Memang sampai kemarin belum ada informasi resmi dari pihak museum,” kata dia.

Informasi dari sejumlah juru foto yang meraup rezeki di lingkungan keraton, pada akhir pekan lalu ada puluhan turis asing yang kecele dan kecewa karena gagal mengunjungi museum keraton.

Seorang pekerja di depan Museum Keraton Solo mengatakan museum ditutup karena sedang ada renovasi. “Ditutup sampai kapan saya kurang tahu, kemungkinan sampai pekan depan,” kata pekerja yang tak mau menyebutkan namanya.

Sebagai informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini menggelontorkan anggaran Rp8,5 miliar untuk merevitalisasi bangunan Keraton Solo. Proyek revitalisasi tersebut dijadwalkan selesai 22 Desember 2017.

Pengageng Parentah Keraton Solo, K.G.P.H. Dipokusumo, mengaku belum bisa memastikan kapan Museum Keraton Solo kembali melayani wisatawan. “Ini masih mengejar target untuk penyelesaian renovasi. Mudah-mudahan segera bisa dibuka kembali,” ungkap Dipo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya