SOLOPOS.COM - Sepasang unta berpunuk satu dari Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor dibawa menuju kandang baru mereka di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Kamis (24/8/2017). (Istimewa/Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso)

TSTJ Solo segera mendapatkan koleksi satwa baru dari hasil pertukaran.

Solopos.com, SOLO — Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo bakal bertukar koleksi satwa dengan Kebun Binatang Ragunan. TSTJ atau akrab disebut Solo Zoo bakal mengirimkan dua pasang walabi atau kanguru tanah ke Ragunan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Umum (Dirut) TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso, mengatakan koleksi satwa baru yang ditunggu dari Kebun Binatang Ragunan adalah sitatunga kapibara dan tiga ekor burung pelikan.

“Ini sudah hampir final. Insyaallah bulan ini pertukaran satwa akan kami lakukan,” ujarnya saat dihubungi, Senin (18/9/2017).

Dia menambahkan proses administrasi juga sedang dilakukan untuk pertukaran serta dengan Kebun Binatang Bandung. Kebun binatang tersebut akan memberi seekor beruang betina, dua ekor rusa timor jantan, dan satu ekor rusa timor betina.

“Kami akan memberi tiga ekor rusa timor jantan kepada Kebun Binatang Bandung,” terang dia.

Pihaknya juga masih menjajaki pertukaran satwa dengan Maharani Zoo, Lamongan.

TSTJ Solo menerima kiriman sepasang unta punuk satu dari Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Kamis (24/8/2017). Sepasang unta tersebut diangkut menggunakan truk. Sesampainya di TSTJ, unta langsung dibawa ke kandang khusus unta.

Sebagai gantinya, TSTJ memberikan satu ekor unta betina dan sepasang walabi atau kanguru tanah.

Salah satu Dewan Pengawas TSTJ, Sutarto, mengatakan tukar-menukar satwa merupakan hal yang biasa sebagai tindak lanjut dari regulasi lembaga konservasi (LK). Sesama LK biasanya memang ada penyegaran dengan pertukaran semacam itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya