SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Taman Mojosongo, Jebres, Solo, Selasa (30/5/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Wisata Solo yakni Taman Mojosongo masih dalam proses pembangunan.

Solopos.com, SOLO — Hutan kota sekaligus ruang terbuka hijau yakni Taman Mojosongo yang terletak di Jl. Jaya Wijaya, Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, diperkirakan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat mulai Oktober mendatang. Pengerjaan taman yang memiliki luas 6.000 meter persegi sudah 65%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nantinya, taman tersebut bakal hijau dan rindang dengan ditanamnya puluhan jenis tanaman antara lain pohon Pule, malaba, apel beludru, duwet, wuni, sepatu dea, ketepeng kencana, serta glodokan pecut. Taman dihiasi hamparan rumput gajah serta jogging track.

Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno, berharap adanya hutan kota baru ini bisa jadi alternatif warga untuk berinteraksi di ruang publik. Terlebih taman yang digarap dengan biaya APBD 2017 senilai Rp3,7 miliar dilengkapi berbagai wahana permainan untuk anak-anak.

“Ini akan jadi ruang terbuka baru bagi warga khususnya di Solo utara. Kami berharap bisa memanfaatkannya dengan bijak,” ungkapnya kepada wartawan, di sela inspeksi mendadak (Sidak) Komisi II DPRD Solo, Selasa (18/7/2017).

Di sisi lain, Sekretaris Komisi II DPRD Solo, Janjang Sumarsono, mengusulkan nantinya tulisan Taman Mojosongo tidak dibuat dari bahan stainless steel. Ide ini dilontarkan agar saat difoto tidak memantulkan cahaya sehingga hasilnya kurang bagus.

“Saya minta tulisan taman nanti dari bahan yang tidak memantulkan cahaya agar saat difoto atau swafoto bisa bagus. Di samping itu, yang terpenting nanti soal perawatan agar taman ini tetap hijau dan lestari,” paparnya.

Sementara itu, Asisten Pelaksana Proyek PT Ayodha Putra Dharma, Rosyid Setyawan, menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu. Bahkan, ada garansi hingga pohon yang mereka tanam di area taman ini sampai benar-benar hidup. Jika mati, mereka juga siap mengganti dengan yang baru.

“Kami juga melengkapi taman ini dengan dengan sumur resapan sedalam 83 meter. Sumur  ini difungsikan untuk menyirami tanaman-tanaman terlebih pada saat musim kemarau. Selain itu, pohon-pohon yang kami tanam juga merupakan pohon berdaun rindang,” paparnya.

Di sisi lain, rekanan juga menyiapkan empat titik untuk wahana permainan anak yang berada di sekeliling taman. Tak lupa pula ada panggung terbuka lengkap dengan tempat duduk yang terletak di sebelah timur. Di samping itu, warga tak perlu khawatir masalah parkir lantaran di sebelah timur sudah disiapkan area khusus untuk menempatkan kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya