SOLOPOS.COM - Pintu utara Taman Balekambang, Solo (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO– Hari pertama perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1435 H, Senin (28/7/2014) ternyata tidak menyurutkan antusias warga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Bahkan beberapa lokasi wisata seperti Balekambang sengaja membuat event khusus untuk menyambut pengunjung selama liburan Lebaran.

Mulai Senin (28/7/2014) hingga Minggu (3/8/2014), taman Balekambang menggelar event Bakdan Ing Balekambang. Kegiatan tersebut telah menjadi acara rutin tiap tahun. Tahun ini telah menjadi tahun kelima untuk pelaksanaan agenda tersebut. “Kami ingin memberikan hiburan kepada masyarakat di tengah kegiatan mudik ini,” ungkap koordinator acara, Hernawan, saat ditemui solopos.com di Balekambang, Senin (28/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan tema acara Bakdan Ing Balekambang tahun ini adalah mainan tradisional. Sehingga pihak panitia pun menyediakan wahana permainan tradisional seperti egrang, gangsingan, dakon dan sebagainya di area outdoor taman tersebut. Selain itu pada Bakdan Ing Balekambang juga digelar pameran foto dengan tema Event di Solo dalam Sewindu. “Juga ada bazar multi produk, ada sekitar 30 stan,” jelas dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski taman Balekambang sudah mulai dikunjungi pengunjung, namun kondisinya masih belum ramai. Menurut Hernawan, kemungkinan jumlah pengunjung akan mulai banyak pada H+1 hingga H+2. Sedangkan pada 30-31 Juli, akan menjadi puncak dari acara Bakdan Ing Balekambang. “Kalau biasanya akan dibuka pada pukul 08.00-17.00, maka pada puncaknya akan dibuka hingga pukul 22.00. Pada puncak acara akan digelar wayang orang dan sendra tari Ramayana,” papar dia.

Salah satu pengunjung taman Balekambang, Rasya, mengatakan dia dan keluarganya sengaja memilih tempat tersebut untuk berkumpul dan menikmati liburan lebaran. “Untuk acara santai saja, sekalian berkumpul dengan keluarga,” ujar warga Semarang tersebut, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya