SOLOPOS.COM - Wisatawan berfoto bersama di Pura Mangkunegaran, Solo, Rabu (22/7/2015). (/JIBI/Solopos/Dok.)

Wisata Solo, menyambut Lebaran Pura Mangkunegaran menambah jam buka.

Solopos.com, SOLO–Mulai 1 Juli, jam kunjung wisatawan di Pura Mangkunegaran ditambah 1,5 jam. Hal itu untuk menyambut Lebaran sekaligus memenuhi usulan para agen perjalanan wisata.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Abdi Dalam Pura Mangkunegaran yang bertugas di bagian pariwisata, Joko Pramudyo, penambahan itu berupa 30 menit pada awal buka atau dimulai pukul 08.00 WIB dari sebelumnya pukul 08.30 WIB. Juga penambahan satu jam pada akhir kunjungan yang sebelumnya ditutup pukul 14.00 WIB menjadi pukul 15.00 WIB. Namun, untuk Kamis dan Minggu hanya hingga pukul 14.30 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebenarnya, penambahan jam kunjungan wisatawan ini sudah sejak lama diusulkan para agen travel yang bekerjasama dengan kami. Tapi, usulan itu baru disetujui Gusti [Mangkunegara IX] saat ini. Penambahan jam tersebut sekaligus menyambut Lebaran,” katanya saat ditemui Solopos.com, Sabtu (19/6/2016).

Ia menambahkan Ramadan kali ini ada kenaikan jumlah wisatawan sebesar 10 persen. Wisatawan mayoritas dari domestik karena sudah memasuki liburan sekolah. Ia memprediksi jumlah wisatawan semakin meningkat menjelang Lebaran.

“Mulai 1 Juli, kami menerapkan sistem sif pada karyawan agar mereka bergantian libur, karena saat Lebaran hanya libur dua hari yakni hari pertama dan kedua. Sebab, setelah itu biasanya jumlah pengunjung melonjak terutama dari domestik. Untuk wisatawan mancanegara malah menurun karena bukan musim liburan bagi mereka,” tutur Joko.

Ia berharap saat Lebaran bisa mendongkrak jumlah wisatawan sehingga Pura Mangkunegaran bisa dikenal lebih luas. Selain itu, ia juga membuat program edukasi berupa  pelatihan gamelan, wayang, atau tari agar pengunjung bisa mengenal budaya di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya