SOLOPOS.COM - Wisatawan antre masuk Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Sabtu (18/7/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos/ilustrasi)

Wisata Solo ini terkait keramaian pengunjung di TSTJ Solo atau Taman Jurug.

Solopos.com, SOLO — Momentum libur Lebaran dimanfaatkan warga dan para pemudik untuk berwisata, salah satunya ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo. Tak heran jika pengelola Taman Jurug meraup pendapatan hingga ratusan juta rupiah per hari selama libur Idulfitri ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada Minggu (19/7/2015), jumlah pengunjung TSTJ meningkat hingga 500%. Jika di hari biasa pengunjung TSTJ hanya 3.000 orang, kali ini jumlahnya mencapai 15.000 orang. 

“Pengunjung mulai berdatangan ke TSTJ sejak H Lebaran dengan jumlah 5.000 orang, kemudian naik menjadi 10.000 orang. Hari ini [Minggu] pengunjungnya tembus 15.000 orang,” kata Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (Perusda) TSTJ Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso ketika dijumpai di ruang kerjanya, Minggu.

Bimo mengatakan pada hari biasa tiket TSTJ hanya Rp10.000 per orang. Sementara pada hari Minggu atau libur biasa tiket Rp12.000 per orang.

Namun selama Lebaran ini, Perusda menaikkan harga tiket masuk (HTM) TSTJ menjadi Rp15.000 per pengunjung, atau naik Rp3.000-Rp5.000 per orang.

Dengan tiket Rp15.000 per orang, artinya jika dikalikan dengan jumlah pengunjung pada hari itu mencapai 15.000 orang maka pendapatan TSTJ mencapai Rp225 juta.

Pendapatan ini belum ditambah dengan setoran parkir kendaraan, baik motor maupun mobil. “Parkir motor biaya Rp3.000 per motor, dan mobil Rp5.000,” kata Bimo.

Bimo menargetkan gelaran Syawalan Jurug dari 17-26 Juli mampu menyedot 85.000 pengunjung. Pihaknya menyuguhkan hiburan menarik bagi pengunjung Jurug. Di antaranya wahana kebun binatang seperti atraksi orangutan dan macan, gratis foto dengan satwa, maupun kirab satwa.

Warga Bogor, Respati mengisi libur Lebaran di TSTJ. Dia bersama keluarga yang tengah mudik di Sragen, memilih berlibur ke TSTJ. Selain murah meraih juga lokasinya tidak terlalu jauh dari Sragen.

“Dekat jadi pilih ke TSTJ saja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya