SOLOPOS.COM - ilustrasi bus wisata Werkudara Solo. (JIBI/dok)

Wisata Solo, pemkot berencana menambah satu bus tingkat werkudara

Solopos.com, SOLO–Bus tingkat Werkudara segera memiliki adik pada 2016. Pemkot Solo berencana menganggarkan dana pembuatan bus tingkat baru senilai Rp4-5 miliar. Upaya ini diklaim untuk meningkatkan perputaran ekonomi, sosial dan budaya di Kota Bengawan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Yosca Herman Soedrajad, mengatakan Werkudara yang diproduksi tahun 2010 sudah tumbuh menjadi ikon Kota Solo. Akibatnya, bus tersebut sering kewalahan dalam melayani permintaan penumpang, khususnya masa liburan. “Saat libur Lebaran kemarin, jumlah perjalanan bus tingkat mencapai 36 kali dalam 12 hari. Ini menjadi bukti Werkudara masih menjadi primadona,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di kawasan Laweyan, Sabtu (15/8/2015).

Selain merespons tingginya permintaan, Herman mengatakan penambahan bus tingkat perlu untuk menambah daya saing wisata kota. Konsep bus tingkat yang mulai banyak ditiru di kota lain seperti Jakarta dan Bandung membuat Herman tak bisa tinggal diam. Pihaknya akan membuat sejumlah inovasi seperti penerapan teknologi informasi dalam bus tingkat terbaru. Herman menyebut nantinya bus dapat menayangkan diorama tentang Kota Solo saat perjalanan. “Bus tingkat juga dikonsep sedikit pendek sehingga bisa melalui rute yang lebih luas. Harus dipahami, turis mencari yang beda di suatu kota,” kata dia.

Pihaknya meyakini penambahan bus di 2016 akan meningkatkan multiplier effect di wilayah yang disinggahi bus kota. Herman tak menampik pengadaan bus baru lantaran menurunnya reliabilitas Werkudara. Sejak 2010, bus berwarna dominan merah itu jarang diistirahatkan. “Kemarin sempat akan overhaul (turun mesin). Padahal jika itu terjadi butuh waktu tiga bulan untuk memerbaiki. Memang harus ada cadangan untuk menjaga kondisi mesin.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya