SOLOPOS.COM - Replika Rojomolo (ilustrasi/JIBI/dok)

Wisata Solo, perahu rajamala akan memperkaya pariwisata Kota Bengawan.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana membangun ikon wisata baru di bantaran Sungai Bengawan Solo yakni perahu rajamala. Pembuatan perahu rajamala sepanjang 60 meter dengan lebar lambung perahu 6 meter diyakini akan menjadi destinasi pariwisata baru di Kota Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wacana itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Solo, Anggoro Hexa, saat berbincang dengan , beberapa waktu lalu.

“Kami sudah diperintahkan Pak Wali [Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo] untuk membuat detail engeneering desain [DED] pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2017. Harapannya, perahu rajamala itu sudah bisa dibangun tahun 2018,” kata Anggoro.

Perahu rajamala akan dibangun di alur Sungai bengawan Solo, tepatnya di dekat Taman Ronggowarsito. Menurut Anggoro, perahu rajamala akan dibangun cukup monumental dari sisi bentuk bangunan.

“Dari situ kami tidak sekadar membangun objek wisata baru tapi ada story telling-nya,” ungkap dia.

Seperti diketahui, perahu Rajamala adalah perahu milik Keraton Solo. Perahu tersebut pernah digunakan Paku Buwono IV mengarungi Sungai Bengawan Solo untuk melamar putri Madura. Patung rajamala itu kini bisa dilihat di Museum Radya Pustaka.

Anggoro menambahkan destinasi baru berupa perahu rajamala ini diharapkan bukan hanya sebagai ikon atau spot baru bagi pecinta swafoto, namun juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Pejabat Humas Keraton Solo, Bambang Ary Pradotonagoro, menyambut baik wacana Pemkot Solo yang akan membangun ikon rajamala di sepanjang Sungai Bengawan Solo. “Selama ini rajamala hanya bisa menjadi souvenir berupa kalung atau topeng,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya