SOLOPOS.COM - Rute Bus Tingkat Wisata Werkudara. (JIBI/Solopos/Istimewa-Dishubkominfo Solo)

Wisata Solo kala libur Lebaran 2015 tiba bakal lebih berkesan dengan bus tingkat Werkudara.

Solopos.com, SOLO — Wisatawan yang ingin mengisi libur Lebaran 2015 di Kota Solo punya alternatif asyik menikmati Kota Bengawan. Tersedia cara berkeliling menikmati setiap sudut kota menggunakan alat transportasi wisata khas Solo, Bus Tingkat Werkudara (Werkudoro).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bus Werkudara adalah bus tingkat wisata pertama yang diluncurkan di Kota Solo, 1 April 2011 lalu. Bus tingkat dengan ketinggian 4,5 meter dan lebar 2,5 meter ini dicat warna merah. Bus ini menjadi salah satu sarana transportasi bagi wisatawan untuk mengetahui budaya dan sejarah Kota Solo.

Sandi Mulyanto, staf operasional Werkudara, mengatakan selama Lebaran 2015 bus rencananya akan melayani tiga kali perjalanan per hari dan akan berhenti di tiga titik. Bus yang biasanya hanya beroperasi Sabtu-Minggu itu, pada masa libur Lebaran 2015 akan beroperasi mulai hari Jumat (17 /7/2015).

“Untuk harga tiket dikenai biaya Rp20.000 per orang sekali perjalanan dan melayani pemesanan dalam bentuk carteran/sewa dengan harga Rp800.000 untuk 3 jam perjalanan,” imbuhnya saat di temui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (13/7/2015)

Rute Bus Tingkat Wisata Werkudara. (JIBI/Solopos/Istimewa-Dishubkominfo Solo)

Rute Bus Tingkat Wisata Werkudara. (JIBI/Solopos/Istimewa-Dishubkominfo Solo)

Sedangkan untuk pembelian tiket eceran, wisatawan bisa mendapatkannya di Kantor Dinas Perhubungan Pemerintahan Kota Solo Jl. Menteri Supeno 7, Manahan, Solo, Jawa Tengah mulai jam 09.00 WIB-15.00 WIB.

Adapun rute perjalan berangkat bus Werkudara dimulai dari Kantor Dishubkominfo di Manahan–perempatan Manahan (Jl. Ahmad Yani)– pertigaan Kerten (Jl. Slamet Riyadi)– Sriwedari–Gladag–Balai Kota–Pasar Gede–perempatan Panggu (Jl. Kolonel Sutarto)–Tugu Cemberang (Jl. Ir. Sutami)– Taman Satwa Taru Jurug.

Untuk rute pulang, bus Werkudara memulai perjalanan dari Taman Satwa Taru Jurug–Tugu Cemberang (Jl. Kolonel Sutarto)–perempatan Panggu (Jl. Urip Sumarhajo)–Pasar Gede–Balai Kota–Gladag–perempatan Sangkrah (Jl. Kapten Mulyadi)–perempatan Baturono–Gading (Jl. Veteran)–Tipes–Baron (Jl. dr. Rajiman)–Laweyan–Lumbung Batik (Jl. K.H. Agus Salim)–Purwosari (Jl. Slamet Riyadi)–pertigaan Kerten–perempatan Manahan–Kantor Dishubkominfo di Manahan.

“Bagi wisatawan yang menyewa bus Werkudara bisa memilih tujuan sesuai selera, seperti pusat perbelanjaan, Museum Batik Kauman atau tempat wisata Kota Solo lainnya,” ungkap Sandi Mulyanto saat ditemui Solopos.com. Senin, “selain itu, dengan adanya alat transportasi ini, diharapkan wisatawan bisa lebih mengenal tempat-tempat wisata yang ada di Kota Solo.” (Inna Surya Sari/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya