SOLOPOS.COM - Peringatan hari Sumpah Pemuda (JIBI/Harian Jogja/GIgih Hanafi)

Wisata Sleman terus menarik perhatian wisatawan.

Harianjogja.com, SLEMAN-Selama libur natal 2015 hingga tahun baru 2016, wisatawan membanjiri berbagai jenis objek wisata di Sleman. Adapun Candi Prambanan masih menjadi juara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, AA Ayu Laksmidewi mengakui jika Candi Prambanan masih menjadi primadona wisatawan. Total wisatawan yang berlibur di situs budaya itu tercatat 260.627 orang (255.806 wisatawan lokal dan 4.821 wisatawan asing).

“Ini menunjukkan potensi wisata di Sleman sangat besar. Ke depan kami akan terus mengupayakan pengembangan wisata malam di kawasan Kaliurang,” katanya.

Sekretari Disbudpar Sleman, Endah Sri Widiastuti mengatakan, selama libur akhir tahun sejumlah destinasi wisata lainnya juga mengalami peningkatan kunjungan. Di antaranya wisata museum dan desa wisata. Pihaknya mencatat kunjungan ke sejumlah museum di Sleman seperti Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali), Museum Gunung Merapi, dan Museum Dirgantara, mencapai 80.745 wisatawan.

“Ini dipengaruhi karena libur kemarin berbarengan dengan masa libur sekolah sehingga kebutuhan wisata edukasi meningkat,” katanya.

Tingkat kunjungan di desa-desa wisata juga meningkat tajam. Total pengunjung yang diatang tercatat 9.360 wisatawan. Mereka mengunjungi  sejumlah desa wisata mulai Desa Wisata Pulesari 3.456 pengunjung, Rumah Domes (3.045 pengunjung), Pentingsari (1.771 pengunjung), Grogol (775 pengunjung), dan Brayut (333 pengunjung).

“Desa-desa wisata semakin dikenal oleh masyarakat. Capain ini juga akan kami jadikan motivasi bagi masyarakat uhtuk terus mengembangkan potensi desa wisata,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya