SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Sleman bertambah destinasi dengan pembukaan Kampung Wisata Gerbang Sangurejo (Kawi Gesang) yang berada di Dusun Sangurejo, Wonokerto, Turi.

Harianjogja.com, SLEMAN- Keberadaan desa wisata terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk menarik wisatawan. Salah satu lokasi wisata baru yang kini ditawarkan adalah Kampung Wisata Gerbang Sangurejo (Kawi Gesang) yang berada di Dusun Sangurejo, Wonokerto, Turi.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Ketua Kampung Wisata Kawi Gesang Andi Jayaprana mengatakan, desa wisata tersebut berdiri untuk mengangkat potensi budaya dan kearifan lokal masyarakat. Dia meyakini, Kawi Gesang akan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan.

Dia menyontohkan, daya tarik yang ditawarkan berupa silat tradisi Mataram, Jemparingan atau olahraga panahan tradisional Mataram.

“Ada juga kesenian Badui serta pagelaran kesenian lainnya yang rencananya akan kami gelar secara rutin. Kami berharap semua yang kami sajikan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung,”ungkap Andi, Senin (21/3/2016).

Andi menambahkan, selain kesenian dan budaya, Desa Wisata Kawi Gesang juga menyediakan wisata alam seperti embung, trek Kali Aji, dan outbound ala ‘Pendekar’.

Pihaknya juga menyajikan potensi lokal dalam bidang pertanian dan perkebunan dengan mengajak wisatawan memetik salak dan menanam padi. “Semua fasilitas di desa wisata ini dikelola warga Sangurejo,” ujar Andi.

Padukuhan Sangurejo sendiri memiliki luas 38,41 hektare. Dusun ini menjadi kawasan prioritas terpilih Desa Wonokerto. Berdasarkan program Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLBK), Sangurejo masuk dalam kategori pemukiman padat, kumuh, dan miskin.

Namun berkat adanya program PLBK tersebut Sangurejo menjadi salah satu dusun yang dikembangkan potensi lokalnya secara terpadu. Baik sumber daya alam, pertanian, sosial budaya maupun lingkungan permukiman sebagai desa wisata.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap, keberadaan Kawi Gesang mampu mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan pariwisata, terutama wisata alam. Saat ini, katanya, wisatawan sedang menggemari wisata lingkungan atau kembali ke alam.

“Ini memberi peluang yang strategis bagi Dusun Sangurejo dan sekitarnya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya