SOLOPOS.COM - Panorama puncak Gunung Sindoro dari Objek wisata alam Posong. (JIBI/Harian Jogja/Sumadiyono)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG—Berwisata ke Temanggung jangan lupakan Posong.  Objek wisata ini berada di wilayah Kecamatan Kledung, Temanggung, sebelum perbatasan Wonosobo dari arah Magelang dan Jogja.

Dari arah Temanggung, Jogja dan Magelang, Anda cukup mengikuti jalur utama dari Parakan menuju Wonosobo. Kira-kira tiga kilometer dari Parakan mulailah perlambat laju kendaraan Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Panorama puncak Gunung Sumbing dilihat dari Posong. (JIBI/ Harian Jogja/ Sumadiyono)

Sebelum sampai ke Kledung, sebuah papan nama Wisata Posong terpampang dengan jelas di sisi kiri jalan. Tinggal menyeberang, pintu masuk ke wisata Posong sudah di depan mata. Jika Anda bingung cukup bertanya kepada warga, pasti langsung ketemu arahnya.

Memasuki objek wisata ini, pengunjung harus sedikit  berjuang. Sebab mulai dari pintu masuk di jalan utama Kledung, pengunjung harus melalui jalan berbatu berkelok dan naik. Namun jangan khawatir, medan tidak terlalu berat  karena, batu sudah ditata dengan rapi sehingga tidak begitu sulit melaluinya. Untuk sampai ke Posong, jalan yang dilalui sejauh sekitar tiga kilometer. Di sisi kiri dan kanan jalan terpampang  hamparan panorama Gunung Sumbing dan Sindoro. Suasana pegunungan makin kental karena disepanjang sisi jalan merupakan  perkebunan tembakau dan berderet rapi pohon cemara.

Setelah mengarungi jalan berkelok dan berbatu, tibalah di  Posong. Di sini, pemandangan indah terhampar. Sejumlah gazebo untuk beristirahat makin menambah daya tarik. Di  tempat ini juga terdapat hamparan untuk melihat puncak  panorama di sekeliling Posong.

Dari sinilah, pengunjung bisa melihat tujuh puncak gunung  di Jateng asal cuaca cerah. Tujuh puncak itu di antaranya, Sindoro, Sumbing, Merbabu, Andong, Telomoyo, Merapi dan  Merbabu.

Dari sini pula, pengunjung bisa menikmati matahari terbit  (sunrise) dari Balik punggung Sumbing. Hanya saja, Anda harus berangkat malam sebelumnya. Anda tinggal menyewa tenda yang disediakan pengelola dengan tarif Rp400.000 permalam untuk kapasitas tenda empat orang. Plus bonus makan dan minuman penghangat. Untuk tarif masuk Posong, Anda cukup membayar parkir Rp5.000 plus tiket masuk Rp2.000 per orang. Selamat berwisata, jangan lupa membawa jaket…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya