SOLOPOS.COM - Kereta wisata melintasi jalur rel Bedono-Jambu-Ambarawa. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Wisata Semarang tambah menarik seiring diaktifkannya kembali jalur bergerigi rel kereta api penghubung Ambarawa-Jambu-Bedono.

Semarangpos.com, SEMARANG – Wisata di Kabupaten Semarang bertambah menarik seiring diaktifkannya kembali rel bergerigi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta api penghubung Ambarawa-Jambu-Bedono yang sempat dihentikan operasionalnya kini diaktifkan kembali dengan menjalankan kereta api bertenaga uap.

Promosi Peneliti Harvard Ungkap Peran BRI Dorong Inklusi Keuangan lewat Digitalisasi

Peresmian kereta wisata di Kabupatan Semarang itu dilakukan Direktur Komersial PT KAI, M. Kuncoro Wibowo, Kamis (27/10/2016). Sebagian jalur kereta wisata Ambarawa-Jambu-Bedono ini memiliki perlintasan terjal, sehingga hanya dapat dilewati oleh lokomotif khusus yang mendukung sistem rel bergerigi.

Ekspedisi Mudik 2024

Kereta wisata ini sebenarnya pernah dioperasikan dengan rute yang sama, namun dihentikan sekitar tiga tahun lalu karena terhambat masalah sarana prasarana. Rute kereta wisata ini sejatinya sudah dibangun sejak zaman Kolonial Belanda, seratusan tahun silam. Pada masa itu jalur tersebut berfungsi untuk mengangkut hasil perkebunan di area Ambarawa dan sekitarnya.

Dalam peresmian kereta berbahan bakar kayu jati tersebut, turut hadir Kapolres Semarang, AKBP Thirdy Hadmiarso. Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan harapan besar pada obyek wisata kereta tersebut.

“Dengan dibukanya jalur ini, diharapkan mampu mengangkat destinasi wisata berbasis Kereta Api Indonesia terutama yang ada di wilayah Kabupaten Semarang agar lebih dikenal di dunia pariwisata internasional dan menjadi salah satu destinasi wisata pilihan turis lokal maupun mancanegara”, ujarnya seperti dikutip dari tribratanewspolressemarang.net. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya