Wisata Semarang: Pemkot Bakal Sulap Tinjomoyo dan Taman Lele, Seperti Ini

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bakal menyulap dua objek wisatanya agar lebih diminati wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Dua objek wisata yang akan diperbarui itu, yakni Hutan Tinjomoyo dan Taman Lele.

Kedua tempat wisata yang sebelumnya terkesan mangkrak itu akan dikelola dengan konsep baru. Untuk mengelola kedua objek wisata itu, Pemkot Semarang akan menggandeng pihak ketiga, yakni PT Indocitra Interwisata.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, telah menandatangani Memorandum Of Understanding (MOU) yang dilakukan di Ruang Pertemuan VIP Balaikota Jalan Pemuda, Kota Semarang, Jateng Jumat (6/4/2018).

"Hari ini kami melakukan MOU, setelah itu akan melakukan pembangunan selama satu tahun ini,” ujar pria yang akrab disapa Hendi itu, seperti dikutip situs resmi Pemkot Semarang, Senin (9/4/2018).

Hendi mengatakan baik Hutan Wisata Tinjomoyo dan Taman Lele Kota Semarang siap dilakukan pembangunan. Namun berdasarkan hasil kajian, Hutan Wisata Tinjomoyo merupakan lahan patahan, sehingga konsep perbaikan dan pengadaan infrastruktur perlu disesuaikan dengan karakteristik lahan.

 “Ada beberapa fasilitas yang akan dibangun di kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo, antara lain wisata air dan outbound, flying fox, rumah pohon berstandar skandinafia menyatu dengan hutan, karavan, jogging track, dan menara pandang,” imbuh Hendi.

Nantinya, lanjut Hendi, semua fasilitas akan terintegrasi dengan cottage. Fasilitas ini akan disewakan bagi pengunjung.

Selain itu, di Hutan Tinjomoyo juga akan didirikan resto dan gedung pertemuan dengan arsitektur Jawa yang menyatu dengan alam.

 “Kami akan mengubah kawasan tersebut menjadi nyaman, aman, dan yang paling penting instragamable,” terang politikus PDIP itu.

Sedangkan untuk Taman Lele, Pemkot Semarang akan mendirikan hotel bintang tiga 11 lantai. Hotel itu akan dilengkapi fasilitas yang menarik, seperti kafe dan restoran.

Sementara ikon Taman Lele akan diletakkan di belakang hotel, guna menjaga keasliannya. “Hotel yang ada di sana saat ini kelas melati. Nantinya dilakukan penataan ulang untuk di-upgrade. Selain itu juga dibuatkan lintasan jogging track, panggung umum, maupun taman bunga,” katanya.

Panggung umum tersebut didesain di ruang terbuka dengan atap bentuk ikan lele. Pihak pengelola akan memanfaatkan panggung tersebut untuk menggelar event pertunjukan yang menarik bagi wisatawan.

Sedangkan di bagian pintu masuk dibangun sistem ecogreen dan berkonsep bangunan Jawa. “Keduanya, baik Hutan Tinjomoyo dan Taman Lele nanti akan dibangun tempat konservasi dan pemeliharaan habitat burung dan bunga yang langka,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.

Persis Solo Siapkan 3 Desain Jersey Penuh Filosofi

Bryan Barcelona mengatakan setiap desain jersey memiliki filosofi tersendiri yang berkaitan dengan sejarah Persis maupun identitas tim sebagai klub dari Solo.

Menimba Air, Warga Tasikmadu Karanganyar Temukan Jasad Orang di Dalam Sumur

Jasad warga Pandeyan, Tasikmadu, Karanganyar, ditemukan di dalam sumur oleh tetangga rumah kontrakannya, Kamis (23/9/2021).

Ini Dia Galaxy M22, HP Baru Samsung Harga Rp2 Jutaan

Samsung Galaxy M22 resmi hadir di Indonesia dan bakal dijual secara flash sale akhir bulan nanti.

Bersepeda, Wali Kota Madiun Semangati Warga dan Salurkan Bantuan

Kegiatan bersepeda itu selain menjadi sarana untuk menyemangati masyarakat juga untuk memastikan warga patuh protokol kesehatan.

Satpol PP Wonogiri Kurangi Patroli PPKM pada Malam Hari, Ini Alasannya

Satpol PP Wonogiri mengurangi patroli keliling pada malam hari selama PPKM level 3 namun lebih intensif pada siang hari.

Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.

Resmi Diperkenalkan di Jateng-DIY, All New Honda BR-V Siap Mejeng di Solo dan Jogja

All New Honda BR-V dengan 5 varian dan pilihan warna ini dibanderol dengan harga on the road (OTR) di Jateng-DIY mulai Rp260 juta.

Gapoktan Jateng Berkomitmen Kuatkan Lumbung Pangan Masyarakat

Menjaga ketersediaan dan akses pangan perlu dilakukan dengan penguatan cadangan pangan melalui kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM).

Wuzz! Puting Beliung Sapu Kerjo Karanganyar, Atap 3 Rumah Warga Beterbangan

Atap tiga rumah warga Desa Tawangsari, Kerjo, Karanganyar, beterbangan disapu puting beliung yang melanda wilayah itu, Kamis (23/9/2021).

Berstatus Ayah-Anak, Gibran Ternyata Juga Mesti Buat Janji Dulu untuk Ketemu Presiden Jokowi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ternyata mesti membuat janji dulu jika ingin bertemu ayahnya, Presiden Jokowi.

Dari Teman, Kini SBY dan Yusril Saling Berhadapan

Yusril berpendapat jangan ada partai yang dibentuk dan dikelola 'suka-suka' oleh para pendiri atau tokoh-tokoh penting yang dilegitimasi oleh AD/ART.

Gokil! Pengusaha Batam Beli Kantong Udara Las Vegas Arief Muhammad Rp210 Juta!

Deal pembelian kantong berisi udara Las Vegas Arief Muhammad lewat penawaran di media sosial.

Babak Akhir Kasus Perusakan Nisan Makam Polokarto Sukoharjo, Pengurus dan Ahli Waris Bertemu

Kasus perusakan batu nisan makam di Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, berakhir setelah ahli waris dan pengurus dipertemukan.

Vaksinasi Anjing dan Kucing Cegah Penularan Rabies di Solo

VaksinasiĀ rabies secara gratis diberikan kepada hewan penularĀ rabies