Tutup Iklan

WISATA SEMARANG : Kunjungan Wisatawan di Semarang Diklaim Lampaui Target

WISATA SEMARANG : Kunjungan Wisatawan di Semarang Diklaim Lampaui Target

SOLOPOS.COM - Aktivitas wisatawan di Bendungan atau Waduk Jatibarang, Semarang. (detik.com/Angling)

Wisata di Semarang, jumlah kunjungan wisatawannya sepanjang 2017 diklaim telah melampaui target.

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mengklaim jumlah kunjungan wisatawan di Kota Semarang sepanjang tahun 2017 telah melampaui target yang ditetapkan.

Hal itu disampaikan Kepala Disbudpar Kota Semarang, Masdiana, saat dijumpai Semarangpos.com di sela menghadiri acara Pazaarseni 2017 di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Kota Semarang, Jumat (20/10/2017).

“Kalau dilihat secara angka jumlah kunjungannya hingga saat ini sudah ada kenaikan sekitar 10% dari target yang ditetap, yakni 4 juta wisatawan. Jadi sudah melebihi target,” tutur Masdiana.

Masdiana menyebutkan naiknya kunjungan wisatawan di Kota Semarang itu tak terlepas dari banyaknya destinasi wisata, seperti Goa Kreo dan Kota Lama. Tak hanya itu, di tempat-tempat wisata pihak Pemkot Semarang juga kerap menggelar event-event budaya dan kesenian yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung.

“Kita enggak bisa hanya mengandalkan destinasi wisata, tapi juga harus dibarengi dengan event budaya dan kesenian. Makanya, kalender event di Kota Semarang itu terus kita agendakan secara rutin,” tutur Masdiana.

Naiknya jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Semarang itu turut diamini oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Pria yang akrab disapa Hendi itu memang tidak mengetahui angka kenaikan wisatawan di Kota Semarang secara pasti. Meski demikian, ia melihat ada trend kenaikan yang terjadi selama kurun 2011-2016.

“Kalau dilihat dari 2011-2016 ada kenaikan wisatawan dalam negeri ke Semarang sekitar 2 juta hingga 4 juta orang. Kalau yang wisma [wisatawan mancanegara] dari 28.000 naik menjadi 110.000 orang. Dengan kenaikan itu, kami harapkan bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah. Karena, semakin banyak yang berkunjung tentu akan menggerakan roda perekonomian di Kota Semarang,” tutur Hendi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Britney Spears Ungkap Fakta Mengejutkan tentang Ayahnya

Fakta itu diungkap Britney Spears dalam sidang pencabutan hak perwalian ayahnya, Jamie Spears.

Kisah Tiwi, Pesepak Bola Putri Solo yang Tak Kapok Meski 2 Kali Cedera Engkel

Tiwi kini menjadi stopper andalan di tim sepak bola putri Putri Surakarta.

Berawal dari Acara Fashion Show, 21 Mahasiswa ISI Solo Positif Covid-19

Sebanyak 21 mahasiswa Institut Seni Indonesia atau ISI di kampus 2 Mojosongo, Solo, terkonfirmasi positif Covid-19. Tertularnya para mahasiswa itu berawal dari acara fashion show.

Inilah 12 Pabrik Gula Yang Hilang Di Soloraya, Paling Banyak Dari Klaten

Ada 12 pabrik gula di kawasan Soloraya yang hilang, padahal dulunya memiliki andil besar dalam produksi gula di Tanah Jawa.

Miris! TKW Asal Madiun Setahun Disiksa Majikan di Malaysia

TKW bernama Siti Sulikah selain dianiaya, gajinya sebagai asisten rumah tangga juga tidak dibayarkan oleh majikannya di Malaysia.

Ada 5.000 Vaksin Covid-19 untuk Pelaku UMKM & Ritel Karanganyar, Ini Link Pendaftarannya

Jatah vaksin Covid-19 dititipkan ke Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Karanganyar.

Viral di Tiktok, Ini Lirik dan Terjemahan Lagu Meurindu - Rialdoni

Lirik dan terjemahan lagu meurindu milik penyanyi Aceh banyak dicari setelah viral di media sosial, yuk simak baik-baik di sini!

Gojek Luncurkan Festival Kuliner Solo, Catat Tanggalnya

Gojek berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Solo menghadirkan Festival Kuliner Solo (FKS) yang melibatkan ratusan mitra usaha Go Food.

Kasus Covid-19 Klaster Pabrik Sepatu Karanganyar Masih Terus Bertambah, Total 113 Orang

Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 dari klaster pabrik sepatu di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, masih terus bertambah.

Begini Cara Mengajari Anak Berwirausaha Sejak Dini

Agar buah hati termotivasi jadi pengusaha, tak ada salahnya orang tua mengajari anak berwirausaha.

Tiga Cara Menikmati Croffle Hits dari Tjemilan oleh Kopi Soe

Sebagai kedai camilan favorit masyarakat, Tjemilan oleh Kopi Soe juga menghadirkan aneka varian croffle yang dinamai #Soeffle.

Tren Naik, Kasus Covid-19 di Sukoharjo Tambah 88 Orang dalam Sehari

Kasus Covid-19 di Sukoharjo bertambah 88 orang dalam sehari pada Kamis (24/6/2021). Penambahan itu membuktikan tren penambahan kasus Covid-19 di Sukoharjo masih naik.