SOLOPOS.COM - Aktivitas wisatawan di Bendungan atau Waduk Jatibarang, Semarang. (detik.com/Angling)

Wisata di Semarang, jumlah kunjungan wisatawannya sepanjang 2017 diklaim telah melampaui target.

Semarangpos.com, SEMARANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mengklaim jumlah kunjungan wisatawan di Kota Semarang sepanjang tahun 2017 telah melampaui target yang ditetapkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu disampaikan Kepala Disbudpar Kota Semarang, Masdiana, saat dijumpai Semarangpos.com di sela menghadiri acara Pazaarseni 2017 di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Kota Semarang, Jumat (20/10/2017).

“Kalau dilihat secara angka jumlah kunjungannya hingga saat ini sudah ada kenaikan sekitar 10% dari target yang ditetap, yakni 4 juta wisatawan. Jadi sudah melebihi target,” tutur Masdiana.

Masdiana menyebutkan naiknya kunjungan wisatawan di Kota Semarang itu tak terlepas dari banyaknya destinasi wisata, seperti Goa Kreo dan Kota Lama. Tak hanya itu, di tempat-tempat wisata pihak Pemkot Semarang juga kerap menggelar event-event budaya dan kesenian yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung.

“Kita enggak bisa hanya mengandalkan destinasi wisata, tapi juga harus dibarengi dengan event budaya dan kesenian. Makanya, kalender event di Kota Semarang itu terus kita agendakan secara rutin,” tutur Masdiana.

Naiknya jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Semarang itu turut diamini oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Pria yang akrab disapa Hendi itu memang tidak mengetahui angka kenaikan wisatawan di Kota Semarang secara pasti. Meski demikian, ia melihat ada trend kenaikan yang terjadi selama kurun 2011-2016.

“Kalau dilihat dari 2011-2016 ada kenaikan wisatawan dalam negeri ke Semarang sekitar 2 juta hingga 4 juta orang. Kalau yang wisma [wisatawan mancanegara] dari 28.000 naik menjadi 110.000 orang. Dengan kenaikan itu, kami harapkan bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah. Karena, semakin banyak yang berkunjung tentu akan menggerakan roda perekonomian di Kota Semarang,” tutur Hendi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya