Tutup Iklan

WISATA SEMARANG : Kota Lama Berpeluang Besar Diakui UNESCO

WISATA SEMARANG : Kota Lama Berpeluang Besar Diakui UNESCO

SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu, saat berjumpa perwakilan UNESCO di kawasan Kota Lama, Semarang, Senin (26/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Wisata di Semarang, salah satu objeknya adalah kawasan Kota Lama.

Solopos.com, SEMARANG – Kota Lama Semarang berpeluang besar menjadi kota warisan dunia atau world heritage city yang diakui UNESCO.

Hal itu disampaikan Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Arif Rahman, saat menghadiri diskusi peneliti lintas instansi di Gedung Oudetrap, Kota Lama, Semarang, Senin (26/2/2018).

“Kalau dilihat sekarang, peluang Kota Lama menjadi world heritage city UNESCO cukup besar. Tapi, kan itu masih tahun 2020 atau masih beberapa tahun lagi. Kalau bisa mempertahankan pembangunannya seperti ini, tentu bisa,” ujar Arif saat dijumpai wartawan di sela disuksi.

Arif menyebutkan keyakinan itu tak terlepas dari strategi pembangunan yang diterapkan di Kota Lama yang sudah cukup baik.

Pembangunan di kota peninggalan pemerintah kolonial Belanda itu saat ini tak hanya berlandaskan pada asas kebudayaan, tapi juga perekonomian.

“Antara budaya dan ekonomi, pembangunannya berjalan selaras. Itu yang membuat Kota Lama bagus,” ujar Arif.

Namun, untuk melakukan pembangunan harus dilandasi data yang valid dari penelitian. Oleh sebab itu, Arif menyarankan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggandeng peneliti dalam melakukan revitalisasi maupun pembangunan infrastruktur di Kota Lama.

“Jangan sampai pembangunannya tidak dilandasi data penelitian, justru nanti bisa menimbulkan kemacetan atau ledakan jumlah penduduk,” tutur Arief.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L), Hevearita G. Rahayu, mengatakan pihaknya saat ini telah melakukan berbagai renovasi untuk mempercantik Kota Lama dan masuk dalam nomine kota pusaka dunia atau world heitage city.

“Revitalisasi terus kami lakukan. Pembangunan juga kami kerjakan. Dari 116 bangunan yang masuk cagar budaya, beberapa di antaranya sudah kami perbaiki, seperti Gedung Oudetrap,” ujar Hevearita.

Perempuan yang akrap disapa Ita itu menambahkan pembangunan di Kota Lama mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencapai Rp156 miliar. Bantuan itu digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan, drainase, dan street furniture.

“Pada 2015, kawasan ini masuk tentatif list UNESCO, saat ini kami harus segera menyerahkan dossier (bahan pelengkap) ke UNESCO dalam dua bahasa, Inggris dan Prancis. Kami menargetkan tahun 2020, Kota Lama bisa masuk dalam daftar kota pusaka dunia yang diakui UNESCO,” beber perempuan yang juga menjabat sebagai wakil wali kota Semarang itu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemilik Kapal di Pati Didorong Beri ABK Perlindungan Jamsostek

Pengusaha kapal perikanan di Pati didorong mendaftarkan anak buah kapal (ABK) menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penjualan Mobil di RI Tertinggi Kedua Se-Asean, Dampak PPnBM 0 Persen?

Kini Indonesia memperkuat posisinya dengan mencetak volume penjualan mobil tertinggi kedua se-Asean sepanjang Januari—April 2021.

Target Sasaran Vaksin Covid-19 di Kudus Jadi 607.063 Orang

Target sasaran vaksin Covid-19 di Kabupaten Kudus naik menjadi 607.063 orang dari sebelumnya hanya 127.063 orang.

Kasir Otaki Pencurian Rp74 Juta Milik UPK Gemilang Magelang

Seorang kasir di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Gemilang Sejahtera Tempuran berinisial, Sj, 38, jadi otak pencurian uang senilai Rp74 juta.

Lirik Lagu Lingsir Wengi dan Terjemahannya Versi Didi Kempot

Di bawah ini terdapat lirik lagu yang kerap dikaitkan dengan horor, Lingsir Wengi versi sang maestro musik campursari, Didi Kempot.

Menilik Kuliner Opor Ayam Khas Pati yang Fenomenal

Pati punya hidangan khas lain berupa opor, salah satunya Opor Ibu Saudah yang dalam penyajiannya porsi potongan ayamnya besar-besar.

Ini Dia Daftar Perguruan Tinggi BUMN yang Kasih Beasiswa Plus Link Pendaftarannya

Sembilan perguruan tinggi BUMN menawarkan beasiswa kuliah kepada calon mahasiswa baru.

10 Berita Terpopuler : 1 dari 4 SMK Swasta Terbaik Nasional Ada di Solo – Kisah Warga Terjerat Pinjol

Ulasan tentang SMK swasta terbaik nasional hingga Coca Cola merugi masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

KA Nusa Tembini Digadang Angkat Pariwisata Banyumas

KA Nusa Tembini rute Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP) yang akan diluncurkan pada 2 Juli 2021 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.  

Waduh! Covid-19 Meluas, Tambah 3 Kantor Desa di Polokarto Sukoharjo Lockdown

Seluruh pelayanan masyarakat dihentikan sementara setelah tiga kepala desa (Kades) di Polokarto dinyatakan positif Covid-19.

Kasus Covid-19 Sleman Melonjak, Hingga Pertengahan Juni Ada 59 Pasien Meninggal

Terjadi lonjakan kasus COvid-19 di Sleman. Begitu pula dengan angka kematian pasien Covid-19 yang meningkat.

Akses Layanan Kesehatan di Cilacap Tersulit di Jawa Tengah

Kabupaten Cilacap memiliki nilai tertinggi untuk kategori sangat sulit terkait akses pelayanan kesehatan  di Jawa Tengah.