SOLOPOS.COM - Hutan Wisata Penggaron. (Dewarucisemarang.org)

Wisata alam di Semarang menyajikan pemandangan yang menyejukkan mata.

Semarangpos.com, SEMARANG – Destinasi wisata di Semarang Raya sangatlah banyak jumlahnya, baik di Kabupaten Semarang maupun di Kota Semarang. Semarang terkenal dengan wisata sejarahnya, namun juga mempunyai beberapa destinasi wisata alam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kali ini Semarangpos.com merangkum lima destinasi wisata alam di Kabupaten Semarang ataupun di Kota Semarang dari berbagai sumber.

Air Terjun Semirang

Suasana Air Terjun Semirang. (Wisataterbaru.com)

Suasana Air Terjun Semirang. (Wisataterbaru.com)

Air terjun ini berlokasi di Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Untuk menikmati derasnya Air Terjun Semirang, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 45 menit dari area parkir. Air terjun yang satu ini memang sedikit tersembunyi.

Seperti dikutip Semarangpos.com dari Wisataterbaru.com, untuk memasuki kawasan Air Terjun Semirang, pengunjung hanya dikenai biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor, dan Rp5.000 untuk mobil. Sedangkan tiket masuk hanya Rp5.000/orang.

Pengunjung bisa menyusuri kawasan camping ground dan kawasan perkebunan yang alami dengan hawa dingin khas pegunungan. Di sekitar air terjun ini terdapat penjual makanan dan gorengan yang murah dan minuman hangat jika pengunjung ingin menikmati pemandangan air terjun sambil makan dan minum

Hutan Wisata Penggaron

Hutan Wisata Penggaron. (Yukpiknik.com)

Hutan Wisata Penggaron. (Yukpiknik.com)

Berada sekitar 2 km dari Ungaran atau sekitar 18 km dari Kota Semarang, Kawasan Hutan Wisata Penggaron secara administratif berada di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Area ini merupakan salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah (Jateng).

Sebagaimana dilansir dari Exploresemarang.com, hutan wisata yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk beragam aktivitas seperti jungle tracking, outbound training, olah raga, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian. Sementara dikabarkan yukpiknik.com, menurut rencana, kawasan hutan wisata ini akan dijadikan Jateng Park dengan pengelolaan yang lebih baik. Berbagai binatang juga hidup dengan liar di kawasan hutan ini.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo. (Yukpiknik.com)

Candi Gedong Songo. (Yukpiknik.com)

Berada di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl, Candi Gedong Songo merupakan perpaduan antara wisata sejarah dan wisata alam pegunungan. Dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan beberapa gunung seperti Merbabu dan Andong. Sementara Gunung Merapi mengintip dibalik gagahnya Gunung Merbabu.

Seperti dikutip Semarangpos.com dari yukpiknik.com, Candi Gedong Songo merupakan candi bercorak Hindu. Candi ini merupakan peninggalan Wangsa Syailendra dari abad ke-9. Ada sembilan candi di kompleks Candi Gedong Songo, namun yang masih utuh hanya lima candi. Siasanya hanya berupa reruntuhan. Candi-candi tersebut terletak terpisah yang masing-masing berjarak sekitar 100 meter sehingga kompleks candi memang cukup luas.

Lokasi candi ini secara administratif masuk ke dalam wilayah Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semaarang.Untuk sampai di Candi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sepanjang 25 km dari Ungaran atau 45 km dari Kota Semarang.

Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo. (Exploresemarang.com)

Hutan Wisata Tinjomoyo. (Exploresemarang.com)

Hutan Wisata Tinjomoyo terletak di dekat kampus Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang. Hutan Wisata Tinjomoyo relatif mudah dijangkau pengunjung, baik dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Hutan wisata ini menyuguhkan suasana yang masih sangat alami. Udaranya yang sejuk memberikan suasana penuh ketenangan.

Seperti dikutip Semarangpos.com dari Exploresemarang.com, Hutan Wisata Tinjomoyo dahulu digunakan sebagai kebun binatang sejak 1985 dengan aneka kolekasi satwa yang lengkap sebelum dipindahkan ke kawasan Mangkang pada 2007. Dengan luas sekitar 57 ha, hutan kota terbesar di Kota Semarang ini menawarkan keindahan dari berbagai keanekaragaman hayati yang dimilikinya.

Umbul Sidomukti

Suasana Umbul Sidomukti, Kabupaten Semarang. (Semarangplus.com)

Suasana Umbul Sidomukti, Kabupaten Semarang. (Semarangplus.com)

Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Umbul Sidomukti menjajikan wahana kolam yang terletak di ketinggian  1.200 mdpl. Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kabupaten Semarang dari kolam renang di Umbul Sidomukti ini.



Sebagaimana dilansir dari Semarangplus.com, di Umbul Sidomukti ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Selain itu ditambah pula dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sisi kolam. Kawasan wisata ini juga menyediakan fasilitas lain seperti outbond training, adrenalin games, camping ground, pondok wisata, pondok lesehan, serta meeting room.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya