SOLOPOS.COM - Kota Lama Semarang (wikipedia)

Wisata Semarang diharapkan terus berkembang dengan segala potensi yang ada.

Semarangpos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi ingin perkembangan industri pariwisata di wilayah tersebut terus dipacu dengan berbagai potensi yang dimilikinya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami ingin pariwisata di kota ini berkembang jauh dan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan uang di Semarang,” katanya saat mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jumat (19/2/2016).

Menurut dia, Kota Semarang memiliki potensi pariwisata yang jauh lebih baik dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya sehingga semestinya bisa lebih dikembangkan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Ia mengakui infrastruktur di destinasi-destinasi pariwisata perlu dioptimalkan sehingga akan ditindaklanjuti melalui dinas terkait, yakni Dinas Bina Marga untuk menangani sektor infrastruktur.

Setidaknya, kata dia, untuk akses jalan masuk menuju objek wisata yang harus lebih dibenahi dan dilebarkan sehingga memudahkan, seperti cukup untuk persimpangan dua bus berukuran besar.

“Namun, tanpa keterlibatan instansi terkait, niscaya pengembangan kawasan wisata di kota ini semakin tertinggal jauh, seperti dengan Solo, Yogyakarta, dan Bandung,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Maka dari itu, kata dia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang diminta untuk memperbanyak atraksi budaya yang berkualitas dan bisa menarik kunjungan wisatawan.

“Kami akan meminta Disbudpar untuk menambah konten atraksi-atraksi budaya berkelas nasional maupun internasional. Jadi, semakin banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Kota Semarang,” katanya.

Ia mencontohkan Kelenteng Sam Poo Kong yang diminta setiap akhir pekan bisa terus menambah atraksi seni dan budaya, sebab kelenteng itu sudah menjadi salah satu ikon warisan budaya Kota Semarang.

“Keran komunikasi dengan pengelola Kelenteng Sam Poo Kong sudah kami buka. Selain itu, masih ada Kota Lama, Waduk Jatibarang, dan Lawang Sewu juga harus ditambah atraksi-atraksi budayanya,” katanya.

Kepala Disbudpar Kota Semarang Masdiana Safitri mengatakan segera menyiapkan atraksi seni dan budaya yang menarik di setiap destinasi wisata di wilayah itu untuk semakin menarik wisatawan.

“Atraksi seni budaya akan kami perbanyak, terutama pada akhir pekan. Tujuannya, Kota Semarang tidak hanya ramai pada saat hari kerja, namun akhir pekan juga ramai wisatawan yang datang,” katanya.

Ia mengatakan penambahan atraksi seni budaya akan dilakukan melalui dukungan pada APBD Perubahan 2016.

Namun, pihaknya membuka keran bagi komunitas maupun pegiat seni yang ingin menampilkan atraksi terbaiknya, terutama di berbagai objek wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya