SOLOPOS.COM - Poster Ekspedisi Jalur Kuno Semarang-Temanggung. (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa)

Wisata ekspedisi jalur kuno di Kabupaten Semarang direncanakan terus berlanjut, pihak penyelenggara pun berniat membuka jalur baru.

Semarangpos.com, UNGARAN – Ekspedisi jalur kuno dari kawasan Candi Gedong Songo di Kabupaten Semarang hingga situs Liyangan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng) direncanakan akan menjadi agenda rutin. Sahabat Pal—sebutan bagi warga lokal penggagas agenda wisata yang bekerja sama dengan Tripal—bahkan akan menggelar ekspedisi serupa di wilayah lain di Kabupaten Semarang dan sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perwakilan dari Tripal, Roy, menyatakan minat wisatawan ekpedisi jalur kuno dari Kabupaten Semarang hingga Kabupaten Temanggung yang digelar Sabtu-Minggu (14-15/10/2017), terbilang luar biasa karena di luar ekspektasinya. “Ini sebenarnya maksimal memang 15 orang. Namun yang sudah mendaftar untuk besok [Sabtu-Minggu] sudah belasan hingga 20 orang,” ujar Roy kepada Semarangpos.com melalui sambungan telepon, Jumat (13/10/2017).

Sementara itu, Ana yang juga sebagai perwakilan dari Tripal, menyatakan akan ada ekspedisi serupa di wilayah lain di Kabupaten Semarang dan sekitarnya untuk bulan depan atau November mendatang. “Pak Nino dari Sahabat Pal rencananya akan menggelar agenda serupa bulan depan,” ungkap Ana.

Sayangnya, Ana belum berani memastikan destinasi wisata mana yang akan dijadikan jalur ekspedisi baru tersebut. “Secara teknis belum dipastikan tempat mana saja yang akan jadi kunjungan,” aku Ana.

Tripal sebagai penyedia paket wisata yang menggagas pelibatan warga lokal dalam mengeksplorasi potensi objek daya tarik wisata memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam menghubungkan traveler dengan warga lokal tersebut. Karena melibatkan warga lokal dalam menyusun perjalanan wisata terwujudlah agenda yang anti-mainstream, seperti ekspedisi jalur kuno dari Candi Gedong Songo di Kabupaten Semarang. “Kami [Tripal] memang menyelanggarakan paket wisata yang tidak mainstreamm,” tegas Roy selaku perwakilan dari Tripal. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya