Kafe Prameswari, salah satu kafe atau tempat hiburan malam karaoke yang terdapat di kawasan Sarirejo atau lebih dikenal dengan sebutan Sembir di Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Wisata Salatiga memusatkan tempat hiburan malam di kawasan Sarirejo atau yang lebih dikenal dengan nama Sembir.

Solopos.com, SALATIGA – Bagi warga Kota Salatiga nama Sembir bukanlah sesuatu yang asing.

Kebanyakan dari mereka akan mengernyitkan kening mendengan nama kondang kawasan Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Salatiga itu. Betapa tidak, sejak awal 1970-an kawasan Sarirejo sudah mulai dikenal warga sebagai daerah lampu merah atau kawasan prostitusi.

Citra mesum kawasan itu melekat erat hingga kini. Padahal, awal era 2000-an, ada pelarangan daerah prostitusi dari pemerintah setempat yang membuat kawasan Sembir atau sarirejo itu berganti baju menjadi kawasan tempat hiburan malam, khususnya untuk rumah hiburan karaoke.

Di kawasan ini, bisa ditemuai ratusan gadis-gadis seksi yang bekerja sebagai pemandu lagi karaoke atau yang akrab disebut PL atau PK. Gencar berembus rumor, sebagian di antara mereka juga melakoni kerja sambilan atau side job sebagai pekerja seks komersial.

“Kami tidak memungkiri kemungkinan masih ada PK di sini yang menjajakan diri sebagai pekerja seks komersial [PSK]. Kami tidak bisa melarang mereka, karena itu hak pribadi masing-masing,” aku Ketua RW 009 Sarirejo, Desa Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Slamet “Andi” Santoso, saat dijumpai Semarangpos.com di rumahnya, Minggu (22/5/2016).

 Jalan masuk ke RW 009 Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Di kawasan ini terdapat sebanyak 50 kafe atau tempat hiburan malam yang menyediakan karaoke lengkap dengan pemandunya atau yang akrab disebut PK. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Jalan masuk ke RW 009 Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Di kawasan ini terdapat sebanyak 50 kafe atau tempat hiburan malam yang menyediakan karaoke lengkap dengan pemandunya atau yang akrab disebut PK. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda Saputra)

Meski tak memungkiri kemungkinan ada pemandu karaoke Sembir yang nyambi sebagai PSK, Andi tegas menyatakan oknum PK tak melakukan transaksi di kawasan wisata Salatiga itu. “Mungkin di luar sana. Kalau di sini kebanyakan kafe sudah murni hanya menyediakan tempat karaoke,” tegas dia penuh keyakinan.

Andi menyebutkan di kawasan Sarirejo itu ada 50 tempat hiburan malam karaoke. Berikut ini daftar tempat-tempat karaoke di kawasan Sembir itu:

No.Nama KafePemilik
1.IntanAfridianto
2.Rejo 1Suradi
3.SalsaBudi Lestari
4.AmazonRebin
5.CandraSuwarni
6.Mini 1Iin Wijayanti
7.Mini 3Suroso
8.DannySubandrio
9.BintangWakinem
10.AsriSri Winarni
11.AliaSlamet Riyanto
12.SyeraWawan
13.RastaRangga P.
14.MayaJoko Purwanto
15.Pandowo 1Suwarso
16Pandowo 2Suratno B.
17SantikaTuginah
18.IdolaDenny
19.SintyaKadar Susilo
20.Golden RahayuMaryatun
21SamudraSolekah
22.KarmilaWahyuni
23ChieJumiati
24.EdelweysSri Lestari
25.Setya 2Nining M.
26.Adem AyemSutrisman
27.88Ngudi Utomo
28.Setya 1Nining M.
29Sahara 2Tarmanto
30.Gayeng 1Sugiyah
31.Gayeng 2Sumarno
32.LambadaSutrisman
33.FM 2Achmad Fery
34.FM 1Achmad Fery
35.AuraSri Widodo
36.Ratna 3Suratno
37.Timbul JayaPariyem
38.DivaIdris
39.Ratna 2Martono
40.LestariKatno
41.Rejo 2Suradi
42.KendedesSutono
43.GoldGatini
44.Mini 2Sugiyem
45.ArumRumtijah
46.PrameswariSlamet Santoso
47.Ratna 1Suratno
48.SakuraLegiman
49.RenoSlamet Riyanto
50.Sahara 1Yustina Wiratni

Sumber: Ketua RW 009, Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten