SOLOPOS.COM - Petugas SAR memberikan pertolongan terhadap salah seorang wisatawan yang tersengat inpes. Sabtu (18/7/2015).(JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Hujan membuat serangan hewan laut inpes di pantai selatan menghilang

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Hujan yang turun akhir-akhir ini membuat ancaman binatang laut inpes di kawasan pantai selatan menghilang. Total hingga saat ini ada sekitar 30-an pengunjung yang tersengat hewan sejenis ubur-ubur itu.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan, ancaman serangan inpes di Pantai Selatan Menghilang. Kondisi ini terjadi karena hujan yang mulai turun. Sebagai dampaknya suhu di kawasan pantai berubah dan membuat kawanan hewan itu kembali ke tengah laut. “Kami sudah mengecek dan di kawasan pantai sudah tidak terlihat lagi,” kata Marjono Minggu (1/10/2017).

Dia menjelaskan, dengan hilangnya inpes di kawasan pantai, maka potensi korban tersengat ikut berkurang. Total selama musim kemarau terdapat 30-an pengunjung yang tersengat dan harus mendapatkan pertolongan dari petugas. “Kalau reaksi sengatan berbeda-beda dan sangat bergantung dengan kondisi fisik korban. Biasanya korban yang tersengat ada yang merasa gatal-gatal, panas, sesak nafas hingga pingsan. Kami pun bersyukur karena seluruh korban dapat diselamatkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya