SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung berendam di kolam pemandian air hangat Tirto Husodo, Sabtu (30/7/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Wisata Pacitan, begini keindahan dan kenyamanan berwisata di pemandian air hangat Tirto Husodo.

Madiunpos.com, PACITAN–Kabupaten Pacitan ternyata tidak hanya memiliki tempat wisata berupa pantai dan goa yang eksotis. Tetapi, Pacitan juga memiliki tempat wisata alam yang bisa membuat badan menjadi bugar dan sebagai tempat terapi kesehatan, yaitu pemandian air hangat Tirto Husodo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lokasi pemandian air hangat Tirto Husodo ini berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan atau berada di 15 km dari pusat kota Pacitan. Pengunjung yang datang dari arah kota bisa mengambil jalan arah ke Ponorogo dan Surabaya, sesampainya di pertigaan Arjosari pengunjung mengambil arah ke kiri jalan. Di sepanjang jalan ada petunjuk jalan, sehingga pengunjung tidak perlu takut kesasar.

Pengunjung yang hendak ke pemandian air hangat Tirto Husodo harus menggunakan kendaraan pribadi, karena di sepanjang jalan itu jarang bahkan tidak ada angkutan umum. Jalan menuju lokasi wisata juga sudah bagus dan beraspal. Di sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhi keindahan alam Pacitan yang berupa perbukitan hijau, bentangan sawah, dan sungai dengan air yang jernih.

Suasana dan suhu di sepanjang jalan menuju ke pemandian air hangat itu cukup sejuk, karena lokasi tempat wisata yang berada di daerah perdesaan.

Sesampainya di lokasi wisata, pengunjung bisa langsung memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang disediakan. Di lokasi itu, tempat parkir cukup luas yaitu sanggup menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor.

Pengunjung bisa langsung masuk ke tempat pemandian air hangat dengan membeli tiket seharga Rp10.000/orang untuk dewasa dan Rp5.000/orang untuk anak-anak. Setelah mendapatkan tiket, pengunjung bisa menuju ke tempat pemandian dengan melewati anak tangga sepanjang 100 meter.

Di tempat pemandian, ada empat kolam air hangat dan satu tempat spa air hangat. Dua kolam untuk dewasa dengan luas 11 meter X 17 meter dan kedalaman 1,4 meter. Satu kolam tanggung dengan luas 8 meter X 12 meter dan kedalaman 1 meter. Satu kolam anak seluas 12 meter X 6 meter dengan kedalaman 50 cm. Sedangkan untuk spa hanya disediakan satu ruangan yang bisa menampung hingga 15 orang.

Suhu air di sumber air hangat itu 40,7 derajat celcius dan setelah masuk ke kolam biasanya suhunya akan menurun. Namun, suhu di kolam masih tetap hangat untuk digunakan berendam dan terapi kesehatan.

Di kolam air hangat Tirto Husodo ini berbeda dengan pemandian air hangat di tempat lain. Air hangat di tempat lain bisanya berwarna kuning karena kandungan belerang yang cukup banyak, tetapi di Tirto Husodo justru airnya bening dan tidak tampak warna kekuningan. Air di dalam kolam pemandian persis air di kolam renang yang menggunakan kaporit untuk menjernihkan air, namun di Tirto Husodo tidak menggunakan kaporit serta bahan kimia lainnya.

“Air di Tirto Husodo memang bening dan jernih dari sumbernya langsung, kami tidak menggunakan bahan kimia apa pun termasuk kaporit. Meski tidak menggunakan bahan kimia, air di kolam pemandian tetap jernih. Itulah salah satu keistimewaan pemandian air hangat Tirto Husodo Pacitan,” jelas Kepala UPTD Pemandian Air Hangat Tirto Husodo Pacitan, Imam Mukti, saat berbincang dengan Madiunpos.com di ruang kerjanya, Sabtu (30/7/2016).

Imam menyampaikan sumber air di Tirto Husodo tidak pernah habis dan stabil, artinya suplai air pada saat musim kemarau dan penghujan hampir sama yaitu 5 liter per detik. Dia menyampaikan meski tidak berwarna kuning karena kandungan belerang, air hangat ini merupakan air hangat alami.

Awak Madiunpos.com diberi kesempatan untuk mencoba berendam di air hangat Tirto Husodo. Air jernih yang ada di kolam sangat menggugah selera untuk segera menceburkan diri ke dalam kolam. Air hangat yang ada di kolam sagat cocok untuk kegiatan terapi dan rileksasi. Pengunjung bisa berenang dan berendam sesuka hati.

Seusai berendam, pengunjung bisa langsung membilas dan mandi di tempat yang telah disediakan. Ada puluhan kamar bilas yang disediakan di objek wisata itu, jadi pengunjung tidak perlu khawatir antre terlalu lama.

Setelah mendi dan membersihkan diri, menyantap minuman dingin dan gorengan hangat di lokasi wisata juga bisa dilakukan. Ada belasan pedagang makanan dan minuman di lokasi itu, pengunjung bisa menikmati minuman dingin dengan melihat keindahan alam berupa perbukitan hijau di sekeliling pemandian air hangat tersebut.

Pengunjung yang hendak mencari suvenir juga bisa membeli di lokasi wisata. Ada belasan pedagang suvenir di Tirto Husodo, suvenir yang dijajakan penjual yaitu mulai dari kaus, batu akik, kerajinan kayu, tas, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya