SOLOPOS.COM - Sejumlah wisatawan saat menikmati keindahan alam di Pantai Klayar, Pacitan, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Wisata Pacitan ini terkait penaikan target perolehan PAD dari sektor pariwisata.

Madiunpos.com, PACITAN – Target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan dinaikkan dari sebelumnya Rp8,226 miliar menjadi Rp9,548 miliar pada tahun 2016 ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Parwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan Wasi Prayitno mengatakan revisi target itu ditetapkan dalam APBD Perubahan 2016. “Kami optimistis target PAD pariwisata tersebut bisa terpenuhi,” kata dia di Pacitan pekan lalu.

Menurut Wasi, capaian PAD pariwisata hingga September 2016 mencapai Rp6,96 miliar dan naik lagi menjadi Rp7,5 miliar pada Oktober 2016. “Masih ada rentang waktu sekitar dua bulan dan biasanya puncak kunjungan wisatawan terjadi pada akhir tahun,” ujar dia.

Mengacu pengalaman dua tahun sebelumnya, kata Wasi, PAD sektor pariwisata Kabupaten Pacitan terus mengalami pertumbuhan signifikan. “Bahkan ketika target direvisi saat PAK, realisasi selalu surplus cukup besar,” ungkap dia.

Ia menyebut setelah tuntasnya jalur lingkar selatan atau pansela (2014), PAD tercatat surplus mencapai Rp656 juta.

Saat itu, target awal dalam APBD Pacitan 2014 sebesar Rp1,4 miliar, lalu dinaikkan menjadi Rp1,844 miliar saat penetapan PAK 2014, namun terealisasi Rp2,5 miliar.

Surplus lebih tinggi dicapai dalam PAD 2015, yakni target APBD sebesar Rp2,232 miliar, lalu naik menjadi Rp4,754 miliar dan terealisasi hingga akhir tahun Rp6,8 miliar atau berlebih 143 persen.

“Pertumbuhan sektor pariwisata Pacitan terus bergerak ke arah positif. Kami berharap tahun ini pun PAD kembali surplus sehingga kami bisa mengevaluasi target lebih tinggi di tahun mendatang,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya