SOLOPOS.COM - Sejumlah peselancar menjajal ombak di Pantai Pancer Door. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Wisata Pacitan, peselancar international kagumi ombak Pacitan.

Madiunpos.com, PACITAN—Sejumlah peselancar internasional mengagumi ombak di sejumlah pantai Pacitan. Mereka menganggap Pacitan surga bagi peselancar, meskipun laut selatan di wilayah Kota 1001 Goa belum setenar Bali dan Banyuwangi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perwakilan dari Asian Surfing Championship (ASC), Made Satriarta, mengatakan ombak di pantai Pacitan sangat menarik dan cocok untuk kegiatan surfing. Selain ukuran ombak yang cukup tinggi, dalam sekali waktu ada lima gulungan ombak yang datang sehingga sangat cocok untuk sebagai tempat kompetisi surfing.

Selain kondisi ombak yang bagus, pantai Pacitan juga dilengkapi dengan pemandangan yang indah dengan perbukitan yang membentang di sekitar pantai. “Saya sudah keliling ke berbagai negara untuk melakukan kegiatan surfing, tetapi saya sangat terkesan di pantai Pacitan, karena memiliki ombak bagus dan pemandangan indah,” kata dia kepada wartawan di Pantai Pancer Door, beberapa waktu lalu.

Made berharap kepada Pemkab Pacitan untuk tidak seenaknya membangun hotel atau permukiman di sekitar pantai. Menurut dia, hal itu bisa merusak keindahan alam dan merusak ekosistem laut.

“Di Bali itu sekarang sudah tidak ada pantai yang bersih dari hotel, hampir seluruh pantai di Bali dipenuhi bangunan hotel dan permukiman. Tentu hal ini sangat merusak pemandangan laut, saya harapkan pemerintah setempat memerhatikan perizinan pembangunan di sekitar laut,” jelas dia.

Peselancar asal Jepang, Rina Kitazawa, juga mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan ombak di laut Pacitan sangat bagus dan cocok untuk kegiatan surfing. Dia juga mengagumi laut yang dipadukan keindahan alam di sekitar pantai yang membuat wisatawan betah berlama-lama tinggal di Pacitan.

“Ombak di Pacitan sangat asyik untuk kegiatan surfing, saya sangat senang bisa merasakan ombak di sini,” ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, Wasi Prayitno, mengatakan pemerintah berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam di Pacitan. Selain itu, pembangunan yang ada di Pacitan juga harus menyesuaikan dengan peraturan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya