WISATA PACITAN : Inilah 11 Pantai yang Patut Dikunjungi Wisatawan
Salah satu sudut keindahan di pantai Srau yang berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Wisata Pacitan, ada 11 pantai Pacitan yang direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan.

Solopos.com, PACITAN — Kabupaten Pacitan memiliki sumber daya alam berupa laut yang sangat luas dan indah di pisisir laut selatan. Laut Pacitan tidak hanya kaya dengan berbagai jenis ikan, tetapi laut Pacitan juga dimanfaatkan untuk kegiatan wisata. Berikut ini ada 11 objek wisata pantai yang direkomendasikan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Pacitan.

Anggota Staf Bidang Promosi Disbudparpora Pacitan, Rorik Setiabudi, mengatakan ada puluhan titik pantai yang ada di Pacitan. Namun, baru ada belasan pantai Pacitan yang layak dikunjungi sebagai tempat wisata. Berikut ini ada 11 pantai Pacitan yang direkomendasikan Pemkab Pacitan untuk dikunjungi.

1.       Pantai Banyutibo, berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo yang berjarak 45 km dari pusat kota Pacitan. Pantai Banyutibo berasal dari istilah air jatuh, di pantai ini terdapat air terjun yang langsung jatuh ke tepi pantai dengan air yang sangat bersih dan jernih. Fenomena ala mini menjadi keunikan dari pantai ini, sehingga lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahannya. Di pantai ini wisatawan bisa bermain air dengan dipandu oleh pemandu wisata yang ada.

2.       Pantai Buyutan, berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo yang berjarak 42 km dari pusat kota Pacitan. Pantai Buyutan memiliki keindahan yang mengagumkan. Pantai ini berada di bawah tebing sehingga wisatawan harus turun melalui tangga untuk sampai di pesisir pantai. Pantai putih yang membentang di sepanjang pantai dan ornamen karang yang ada di pantai ini menjadi potensi yang dimiliki pantai Buyutan, ada yang menjulang ke atas da ada yang membentuk seperti meja.

3.       Pantai Klayar, berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo yang berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Pacitan. Pantai yang berpasir putih dengan deburan ombak yang menakjubkan menjadi fenomena alam yang indah. Antai Klayar memiliki gugusan tebing kars yang tersusun indah di sepanjang pantai sebelah timur. Dengan fenomena semburan air ke atas yang keluar dari celah batu dan dinamakan oleh warga sekitar sebagai Seruling Samudera. Panorama pantai Klayar sering menjadi objek foto bagi pencinta fotografi.

4.       Pantai Watukarung, berada di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Pantai Watukarung menjadi surganya para surfer. Ombak yang mencapai tujuh kaki ini menjadi salah satu andalan para surfer untuk menguji kemampuannya dalam berselancar. Di pantai Watukarung juga terdapat susunan batu karang yang indah dan menjadi tempat studio alam bagi fotografer.

5.       Pantai Srau, berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Pacitan. Pantai Srau memiliki pasir putih dan halus. Penduduk yang ramah serta alamnya yang indah serta sejuk menambah eksotisnya pantai Srau. Wisatwan akan dimanjakan keindhan pantai drai beberapa spot yang dimiliki Srau. Pantai Srau dikenal oleh banyak orang sebagai area pancing Samudera dan area surfing.

6.       Pantai Teleng Ria, berada di Kecamatan Pacitan atua hanya berjarak 3 km dari pusat kota. Berbagai fasilitas yang mendukung antara lain yaitu kolam renang anak-anak, area surfing pemula, arena bermain anak-anak, garud pandang, panggung songgo budoyo, dan area bumi perkemahan. Selain itu pantai Teleng Ria juga digunakan untuk pendaratan ikan.

7.       Pantai Wawaran berada di Desa Wawaran, Kecamatan Kebonagung yang berjarak 15 km dari pusat kota Pacitan. Pantai yang menjadi pusat bersinggahnya kapal nelayan pribumi ini juga memiliki keindahan yang luar biasa. Pantai ynag berbentuk teluk dengan dikeilingi bukit-bukit yang indah menjadi pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, wisatawan berbelanja ikan segar daritangkapan para nelayan.

8.       Pantai Soge, berada di Kecamatan Ngadirojo yang berjarak 28 km dari pusat kota Pacitan. Pantai yang indah ini bisa dinikmati saat melintas melalui jalan lingkar selatan (JLS) karena pantai ini berada tepat di tepi jalan JLS. Di pantai ini wisatawan disuguhkan keindahan pantai dengan bentangan pantai yang panjang dengan deburan ombak yang besar menambah keindahan pantai. Wahana perhu wista dan perahu pedal menjadi sarana bermain dengan keluarga yang mengasyikkan.

9.       Pantai Taman, berada di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo yang berjarak sekitar 32 km dari pusat kota Pacitan. Pantai berbentuk teluk yang memiliki pantai yang panjang. Wahana kolam renang yang ada di sekitar pantai menjadi incaran anak-anak untuk bermain air. Pantai Taman memiliki keunikan tersendiri yaitu ada konservasi Penyu Belimbing. Selain itu juga dikembnagkan area flaying fox sepanjang 410 meter, flaying fox ini diklaim sebagai yang terpanjang dan tertinggi di Indonesia.

10.   Pantai Kaliuluh, berada di Desa Wawaran, Kecamatan Kebonagung, yang berjak sekitar 20 km dari pusat kota Pacitan. Keindahan pantai ini menjadi incaram bagi wisatawan. Pantai dengan gelombang yang tinggi ini menjadi lokasi surfing.

11.   Pantai Pidakan, berada di Desa Jetak, Kecamatan Kebonagung, yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Pacitan. Pantai Pidakan memiliki pasir batu berbentuk bulat dan halus. Wisatawan bisa menggunakan batu-batu ini untuk refleksi kesehatan dengan cara menginjak-injak di atas batu yang tersebar di tepi pantai.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom