SOLOPOS.COM - Pantai Srau di Pacitan (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)

Wisata Pacitan tidak hanya pantai dan goa, tetapi ada berbagai agenda seni dan budaya yang ditampilkan di Kota 1001 Goa itu.

Madiunpos.com, PACITAN — Pacitan ternyata tidak hanya menawarkan keindahan alam berupa pantai dan berbagai jenis goa. Namun, Pacitan juga menawarkan berbagai agenda seni, budaya, dan olahraga. Sayangnya, kegiatan berupa festival seni dan budaya tidak bisa dinikmati setiap saat oleh wisatawan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Staf Bidang Promosi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, Rorik Setiabudi, mengatakan ada beberapa festival seni dan budaya yang sudah menjadi agenda rutin di Pacitan. Tetapi, kegiatan tersebut tidak setiap hari bisa dinikmati wisatawan dan hanya ada saat momen tertentu.

Dia menyebutkan setidaknya di tahun 2016 ada 22 agenda besar yang bisa disaksikan wisatawan. Agenda yang berlatar bertajuk Pacitan Arts Culture and Sport Festival (PACSF) itu dilaksanakan mulai Februari hingga Desember 2016.

Rorik menyebutkan pada tanggal 7-8 Februari 2016 telah diselenggarakan turnamen tenis meja di gedung Gasibu. Tanggal 13-14 Februari 2016 telah terselenggara lomba dayung di Kali Barong, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Tanggal 19 Februari 2016 kegiatan Hari Jadi Pacitan di Desa Sukoharjo, Desa Nanggungan, Pos Tanjungsari, dan Pendopo Kabupaten Pacitan. Dan pada tanggal 26 Februari 2016 terselenggara Trail Adventure di lapangan Peta Kodim 0801 Pacitan.

Untuk di bulan Juli tepatnya tanggal 17 Juli 2016 ada lomba Surfing di pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso, Pacitan. Setiap minggu ketiga bulan Ramadan diselenggarakan Festival Rontek Pacitan di Alun-alun PAcitan.

Agenda di bulan Agustus, kata dia, tanggal 8 Agustus 2016 ada Upacara Adat Ceprotan di Desa Sekar, Kecamatan Donorojo. Tanggal 17 malam sampai akhir bulan Agustus 2016 ada gebyar Agustusan dengan berbagai gelaran di Alun-alun Pacitan. Tanggal 28 Agustus 2016 ada Pacuan Kuda di Arena Pacuan Kuda Pancer Door. Tanggal 23 Agustus 2016 ada Genggongan (Jangkrik Genggong) di pantai Tawang Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Tanggal 23 Agustus 2016 ada Badut Sampurno di Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo. Tanggal 23 Agustus 2016 ada Upacara Adat Jemblung Somopuro di Desa Bungur Kecamatan Tulakan. Pada tanggal 15 Agustus 2016 ada Upacara Adat Methik Pari di Desa Jeruk Kecamatan Bandar.

“Agenda di bulan Agustus tepatnya tanggal 23 Agustus 2016 ada Upacara Adat Serumbung Mojo di Makam Kyai Santri, Mojo, Kecamatan Punung,” kata dia kepada Madiunpos.com, Senin (20/6/2016).

Untuk di bulan Oktober ada dua agenda yaitu pada tanggal 16 Oktober 2016 dengan agenda Upacara Adat Tetaken di lereng Gunung Limo Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung serta tanggal 1 Oktober 2016 ada Larung Sesaji (Larung Samudra) di pantai Tamperan. Pada tanggal 9 Oktober 2016 ada Upacara Adat Baritan di Desa Wati Kecamatan Kebonagung.

“Pada 31 Desember 2016, ada kegiatan hiburan malam tahun baru bertempat di Alun-alun Pacitan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya