SOLOPOS.COM - Warga berwisata di Pantai Pancer Door, Pacitan, Minggu (19/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Wisata Pacitan, selama 2015 ada 1.555.502 wisatawan mengunjungi tempat wisata di Pacitan.

Madiunpos.com, PACITAN — Wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke Ponorogo selama 2015 mencapai 1.556.950 orang. Rinciannya, wisatawan lokal sebanyak 1.555.502 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 1.448 orang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Anggota Staf Bidang Promosi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, Rorik Setiabudi, mengatakan angka tersebut mengacu pada wisatawan yang tercatat pemerintah dan mengunjungi 14 tempat wisata yang ada di Pacitan.

Dia menerangkan 14 tempat wisata yang tercatat yaitu Goa Gong, Goa Tabuhan, Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Watu Karung, Pantai Pancer Door, Pantai Taman, Pantai Teleng Ria, Pemandian Banyu Anget, Monumen Jenderal Sudirman, Pantai Pidakan, Pantai Buyutan, Pantai Soge, dan Pantai Banyu Tibo.

Rorik menyampaikan selama 2015 tempat wisata di Kota 1.001 Goa yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal yaitu Pantai Teleng Ria dengan total kunjungan 427.262 orang. Sedangkan tempat wisata yang paling sedikit dikunjungi wisatawan lokal yaitu Pantai Buyutan.

“Wisatawan lokal banyak yang ke Pantai Teleng Ria karena di lokasi itu tempatnya indah dan ada berbagai fasilitas bermain, seperti kolam renang dan rumah makan. Sedangkan untuk Pantai Buyutan sedikit dikunjungi kemungkinan faktor transportasi dan jalan,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Senin (20/6/2016).

Dia menambahkan untuk tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yaitu Pantai Watu Karang dengan tingkat kunjungan 1.135 orang, disusul dengan Pantai Pancer Door sebanyak 143 orang.

Menurut dia, wisatawan mancanegara senang di dua tempat wisata itu karena di dua pantai tersebut menawarkan alam yang indah dan ombak yang tinggi untuk kegiatan surfing.

“Di Pantai Watu Karang itu kan menjadi surga bagi para peselancar, dan itu yang menjadi daya tarik wisatawan asing. Sebagian besar wisatawan asing itu dari Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan negara benua Eropa lainnya,” jelas dia.

Lebih lanjut, Rorik menuturkan untuk jumlah wisawatan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke berbagai tempat wisata di Pacitan hingga Maret 2016 mencapai 426.221 orang. Rinciannya, wisatawan lokal sebanyak 426.079 orang dan wisawatan mancanegara sebanyak 142 orang.

“Itu data pengunjung dari 14 tempat wisata yang sudah terdata di Pemkab Pacitan,” jelas dia.

Dari data itu, kata dia, tempat wisata yang menjadi favorit wisatawan lokal yaitu Pantai Klayar dengan jumlah pengunjung mencapai 107.551 orang dan paling sedikit hingga Maret 2016 yaitu Pantai Pancer Door dengan jumlah pengunjung 3.137 orang.

Sedangkan untuk tempat wisata favorit bagi wisatawan mancanegara masih tetap sama yaitu Pantai Watu Karang dengan total pengunjung 119 orang dan Pantai Pancer Door sebanyak 20 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya