SOLOPOS.COM - Pengunjung menunggang kuda sewaan di objek wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jatim, Minggu (29/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Eric Ireng)

Wisata Magetan kebanjiran wisatawan saat Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Madiunpos.com, MAGETAN — Jumlah pengunjung objek wisata Telaga Sarangan di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, selama momentum liburan Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 mencapai 109.000 orang. “Jumlah tersebut terhitung selama tanggal 23 Desember 2015 hingga tanggal 3 Januari 2016,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Diparbudpora) Magetan, Siran, di Magetan, kepada wartawan, Selasa (5/1/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, ribuan pengunjung tersebut bukan hanya berasal dari wilayah Magetan dan Madiun, namun juga sejumlah kota besar lainnya seperti Jakarta, Surabaya, Solo, dan Malang. “Hal itu dilihat dari pelat nomor polisi kendaraan yang digunakan wisatawan saat berkunjung ke Telaga Sarangan,” kata dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Jumlah kunjungan yang membeludak tersebut, lanjutnya, telah membuat perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata Telaga Sarangan Magetan tahun 2015 melampaui target yang ditentukan dan bahkan surplus.

Data Diparbudpora Magetan mencatat, PAD objek wisata Telaga Sarangan ditarget pemkab setempat Rp6,2 miliar. Nyatanya, PAD Telaga Sarangan mampu mencapai Rp6,6 miliar, atau terjadi surplus sebanyak Rp400 juta.

“Pendapatan tersebut berasal dari tiket masuk ke objek wisata dan parkir kendaraan di kawasan Telaga Sarangan,” terang dia.

Ia menambahkan, capaian PAD Telaga Sarangan yang telah melampaui target tersebut, telah berhasil diperoleh sejak sebelum akhir bulan Desember 2015, yakni mencapai 101% dari target. Jumlah kunjungan tersebut semakin bertambah seiring dengan momentum liburan Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Guna mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Magetan dan Telaga Sarangan pada umumnya pada tahun 2016 ini, Pemkab Magetan terus berbenah dan berupaya agar Magetan dan Telaga Sarangan nyaman dikunjungi. Di antaranya dengan menggelar sejumlah kegiatan di Telaga Sarangan yang mampu menarik wisatawan berkunjung. Seperti tradisi Larung Sesaji dan kegiatan hiburan lainnya yang dilakukan saat libur panjang.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya